Skip to main content

Kadiskes Inhil Bersama Lurah Seberang Tembilahan Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Puskesmas Induk

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Zainal Arifin, SKM, M.Kes meninjau lokasi rencana pembangunan Puskesmas Induk di Kelurahan Seberang Tembilahan, Kecamatan Tembilahan, Jumat (24/01/2020).

Dikatakan H. Zainal Arifin, SKM M.Kes pada tahun 2021 direncanakan akan dipecah lagi wilayah kerja Puskesmas yang ada di Kecamatan Tembilahan guna meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang maksimal.

Empat kelurahan yang ada di seberang kota Tembilahan, yaitu Kelurahan Sungai Perak, Kelurahan Seberang Tembilahan, Kelurahan Seberang Tembilahan Selatan dan Kelurahan Seberang Tembilahan Barat akan memiliki satu Puskesmas Induk.

“Sesuai arahan Pak Bupati tahap awal kita survei dan analisa dulu ketersediaan lahan dan lokasi yang strategis,” ungkap Kadiskes

Rencananya Puskesmas Induk akan dibangun di Kelurahan Seberang Tembilahan di atas lahan seluas 3.490 meter persegi milik Pemda Inhil yang saat ini ditempati Pustu dan lokasinya tidak jauh dari sungai Inhil.

Lebih lanjut Zainal, selain bertujuan mempersempit wilayah kerja Puskesmas agar pelayanan maksimal, pemecahan dan pembangunan Puskesmas baru juga bertujuan untuk menarik anggaran pusat untuk biaya operasional kesehatan.

“Jika Puskesmas kita bertambah, biaya operasional kesehatannya juga bertambah. Biaya operaional itu ditanggung APBN,” jelas Zainal.

Selanjutnya dikatakan Zainal Arifin, empat kelurahan diseberang kota Tembilahan yang penduduknya diperkirakan lebih dari 10 ribu jiwa sudah layak memiliki satu Puskesmas Induk yang secara standar minimal memiliki dua dokter umum dan satu dokter gigi.

Selain itu kondisi geografis yang terletak diseberang sungai membuat masyarakat kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan karena harus menyebrang jika ada pasien yang harus dirujuk ke Puskesmas Gajah Mada atau Puskesmas Tembilahan Kota yang terletak di jalan Gunung Daek.

“Kalau sudah ada Puskemas Induk masyarkat tidak perlu susah dan repot keseberang (pusat Kota Tembilahan) untuk berobat,” tutupnya

Sementara itu Lurah Seberang Tembilahan, Raja Elvayanti yang ikut mendampingi Kadiskes Inhil sangat menyambut baik rencana Pemda Inhil membangun Puskesmas Induk di kelurahannya.

“Kita disini dokter saja tidak ada, kita selalu usulkan dan sampaikan secara lisan disetiap acara reses. Apalagi anak-anak disini sudah banyak yang sarjana kesehatan jadi bisa diberdayakan. pokoknya kita sangat mendukung rencana ini.” ungkap Eva.

Selain meninjau lokasi pembangunan Puskesmas, Kadiskes Inhil H. Zainal Arifin juga meninjau kodisi Tiga Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di seberang Tembilahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *