img_3426Dinas Kesehatan, 17 Nov 2016 Dalam era digital seperti sekarang, pemanfaatan teknologi informasi tidak lagi menjadi added value namun sudah menjadi standart value, kemajuan teknologi inilah yang dicoba dimanfaatkan oleh satuan pemerintahan Kabupaten Indragiri Hilir yang khususnya inovasi Bridging System SIMPUS oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes bersama enam Kepala Puskesmas yang telah Bridging System Simpus hari ini bersama telah menggelar rapat pertemuan di Aula Wijaya Kusuma Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir guna mereview kembali perjalanan sistem informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) yang Bridging bersama BPJS Kesehatan. pertemuan kali ini membahas dan memecahkan permasalahan yang kemungkinan muncul sebagai kendala operasional.

“Disini kita kembali untuk mendiskusikan guna merivew perjalanan Bridging System SIMPUS yang selama ini telah kita jalankan, Puskesmas yang ada kali ini kita harapkan bisa menjadi Puskesmas percontohan untuk bagi Puskesmas yang lain, terlebih lagi Tiga Puskesmas kita tidak lama ini telah melaksanakan proses akreditasi. jadi tidak tertutup kemungkinan Puskesmas kita yang telah bridging akan menjadi wadah pembelajaran bagi Puskesmas yang ada di Inhil dan bahkan Puskesmas yang ada diluar Kabupaten Inhil”, tukas Kadinkes Zainal.

Mempelajari hal tersebut maka implementasi SIMPUS menjadi solusi tepat untuk mendukung peningkatan pelayanan kesehatan yang ada di Inhil. Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) adalah sebuah sistem Informasi yang terintegrasi dan didesain multi user yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen puskesmas. penguatan peran bidang kesehatan menjadi andalan program pembangunan di samping bidang pendidikan. Dalam hal ini penguatan peran Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat menjadi fokus utama program-program kesehatan pemerintah.

untuk itu setiap Kepala Puskesmas dituntut untuk meningkatkan komitmennya dalam menjalankan aplikasi ini agar dapat memperbaiki manajemen data pada yang ada di Puskesmas.

img_3437Dalam pertemuan Review Simpus ini dihadiri oleh enam kepala Puskesmas yang telah menjalankan Bridging System dan tampak juga Staf/Admin yang menangani Aplikasi Simpus pada masing-masing Puskesmas diantaranya: Puskesmas Gajah Mada, Puskesmas Tembilahan Kota, Puskesmas Tembilahan Hulu, Puskesmas Sungai Salak, Puskesmas Kempas Jaya dan Puskesmas Pengalihan Enok.

Sending
User Review
3 (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini