Tembilahan, Jumat 1 Februari 2019. Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal. jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang akar-akaran, daun-daunan, kulit batang, dan buah. Di tembilahan sendiri sangat banyak terdapat bahan – bahan untuk mengolah jamu tradisional tinggal bagaimana cara dan takaran pengolahannya tentunya sesuai khasiat yang di inginkan.

Berbagi… begitu salah satu kegiatan Puskesmas Tembilahan Hulu. Setiap hari jum’at kami menyediakan makanan dan snack yang bergizi serta kami juga melestarikan dan membiasakan minum minuman tradisional seperti jamu.

Jum’at sebelumnya kami telah menyediakan jamu daun salam serta tahu goreng , jum’at lalu juga menyediakan jamu beras kencur yang di temani dengan tempe goreng dan jum’at kali ini kami menyediakan jamu daun sirsak yang ditemani dengan nasi kuning dan tempe goreng.

Makanan serta jamu ini di olah oleh penanggung jawab Program gizi yang telah membuat daftar menu menjelang 1 bulan ke depan. Makanan dan jamu ini kami sediakan khusus bagi pengunjung dan pasien yang datang ke puskesmas Tembilahan Hulu.

Kegiatan jum’at berbagi ini sudah 3 jum’at kami lakukan, dan Kami berharap masyarakat dapat mengenal dan tau apa – apa saja manfa’at dari tanaman – tanaman obat tradisional yang ada di sekitar lingkungan dan daerah kita. ujar kepala puskesmas Tembilahan Hulu HJ. Rosdinah.

Sumber : Anggita Merry ( Promkes Puskesmas Tembilahan Hulu )

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini