JANGAN SALAH LAGI INI JENIS DAN MANFAAT VITAMIN A YANG COCOK UNTUK BUAH HATI ANDA

IMG-20170228-WA0021Pulau Kijang, pemberian Vitamin A sudah lama menjadi program pemerintah dan sampai saat ini tetap dilaksanakan yaitu dua kali dalam setahun. Pada bulan Februari Vitamin A ini diberikan secara gratis dan dapat diperoleh di seluruh sarana fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, puskesmas  pembantu (Pustu), polindes/poskesdes, balai pengobatan, praktek dokter/bidan swasta), posyandu, sekolah Taman Kanak-kanak, PAUD termasuk kelompok bermain, tempat penitipan anak, dan sebagainya. Salah satu dampak kekurangan Vitamin A adalahkelainan pada mata yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan – 59 bulan yang menjadi penyebab utama kebutaan.

Sasaran program ini adalah balita dari usia 6 bulan sampai 59 bulan yaitu dengan diberikannya dua jenis Vitamin A yaitu Vitamin berwarna biru untuk bayi usia 6 sampai dengan 11 bulan, dan jenis Vitamin berwarna merah untuk usia 12 sampai dengan 59 bulan, bukan hanya di setiap Posyandu akan tetapi Sekolah-sekolah juga menjadi sasaran pemberian Vitamin A seperti yang dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Pulau Kijang, Selasa 21/02/ tim Vitamin A bergerak ke Sekolah TK Mukarrabin dalam pemberian Vitamin A.

Bersama team dari Puskesmas Ibu Lina Marni, Amk bersama rekannya Suhaiba, Amk dan Nur Syamsuryani, SKM. Sambil bermain dan bernyanyi bersama anak–anak. uniknya perilaku ini mengundang respon positif dari semua anak Taman Kanak-kanak tersebut tanpa mereka merasa takut ataupun trauma setelahnya. selain pemberian Vitamin A kegiatan juga disertai penimbangan berat badan, tinggi badan dan pengukuran lingkar kepala.IMG-20170228-WA0020

Puskesmas Pulau Kijang sebagai salah satu sarana kesehatan masyarakat yang berada di wilayah kecamatan Reteh sangat mendukung Program pemerintah dalam menggalakan Bulan Februari sebagai bulan Vitamin A, melalui program ini diharapkan tidak ada lagi anak-anak khususnya yang berada di wilayah kerja Puskesmas Pulau Kijang yang tidak mendapatkan asupan Vitamin A yang cukup.

Sumber: Tenaga Promkes Suryani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *