Skip to main content

JANGAN KHAWATIR JIKA BUAH HATI ANDA MENANGIS, PUSKESMAS SEI PIRING MENYEDIAKAN POJOK ASI UNTUK IBU MENYUSUI

IMG-20170216-WA0048Air susu ibu merupakan makanan paling sesuai untuk semua bayi baru lahir terutama bagi bayi lahir premature. Kewajiban seorang ibu untuk menyusui adalah tidak mengingkari pentingnya hak anak untuk menikmati air susu dari payudara ibunya, bila mampu dan tidak menolak memberikannya selama masa menyusui, bagi siapa saja yang ingin menyempurnakan penyusuan, yakni dua tahun penuh sebelum disapih.

Bagi masyarakat Kelurahan Sungai Piring yang datang ke pelayanan Kesehatan yaitu Puskesmas dan khususnya bagi ibu-ibu yang mempunyai balita dan ingin menyusui sudah disediakan tempat khususnya yaitu pojok ASI, dimana ibu bisa dengan santai menyusukan balitanya sampai balitanya merasa kenyang dan nyaman tanpa membuat ibu merasa kesusahan.

IMG-20170216-WA0050Disamping itu juga petugas konseling menyampaikan pentingnya ASI ekslusif diberikan bagi bayi maksimal selama 2 tahun usia Balita, dan bagi ibu-ibu wanita karir jangan mau kalah sama ibu-ibu rumah tangga karena banyak cara dilakukan agar bisa menyusukan bayi mereka sampai usia 2 tahun yaitu salah satunya dengan cara memompa payudara disaat akan berangkat kerja, manfaat ASI dibanding susu fomula diantaranya; gizi (sudah memenuhi kebutuhan nutrisi), imunologi (mengandung anti body),  hygienis (praktis keluar secara langsung dari tubuh ibu), Psikologis (mengeratkan hubungan ibu dan anak), Ekonomis (murah biayanya).

“Memberikan kenyamanan kepada Ibu-ibu yang membawa balitanya ke Puskesmas tentu sangat diharapkan dalam tercapainya kualitas pelayanan yang baik,  Dengan demikian diharapkan kebutuhan ASI buah hati dapat terpenuhi  jelas Tuti”

Menyusui tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan sang bayi saja tetapi hal ini juga meningkatkan kesehatan sang ibu. Manfaat menyusui dapat membantu ibu yang baru saja melahirkan untuk menurunkan berat badan setelah kehamilan, mencegah depresi setelah persalinan, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *