Ini Salah Satu Upaya Upt. Puskesmas Sungai Piring Memutus Penyebaran COVID-19

Upt. Puskesmas Sungai Piring kembali mengadakan suatu kegiatan yaitu demo CTPS di desa sungai dusun. (7 April 2020).

Kegiatan ini di hadiri oleh team promosi kesehatan (Promkes) Puskesmas Sungai Piring, bidan desa, kepala desa, babinsa dan unsur pemerintah desa lainnya.

kegiatan ini meliputi penyuluhan dan himbauan keliling memakai ambulance desa serta demo CTPS bagi masyarakat desa sungai dusun dan sekitarnya.

Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sangat disarankan oleh Tim penyuluhan dari Upt Puskesmas Sungai Piring lebih-lebih saat wabah corona seperti ini.

Untuk Diketahui, tangan merupakan bagian tubuh yang paling aktif di gunakan dalam kehidupan sehari-Hari, sering kali tanpa di sadari betapa banyak benda yang di sentuh selama kurun waktu beberapa saat saja. Terlebih lagi ukuran kuman-kuman yang mungkin tersentuh oleh tangan sangat kecil ukurannya dan tak dapat terlihat oleh mata telanjang. oleh sebab itu perilaku CTPS sangat disarankan karena ini merupakan salah satu hal paling utama dilakukan dimulai bagi pribadi diri sendiri.

Menurut kepala puskesmas Sungai Piring, Hj. Nur af’ni. S.Tr.Keb mengatakan 6 langkah CTPS yang baik dan benar yaitu dengan menggunakan sabun antiseptik dan di bilas dengan air bersih dan mengalir, dengan mekanisme inilah sabun mampu memutus rantai penyebaran kuman penyebab penyakit menular. terangnya di akhir kegiatan.

Sumber : Tuti Auliyah, SKM (Promkes Puskesmas Sungai Piring).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *