Skip to main content

Ini Dampak Gerhana Matahari Cincin bagi Kesehatan Mata

Gerhana matahari cincin terlihat di Indonesia pada Kamis (26/12). Fenomena alam itu terjadi mulai pukul 10.34 WIB hingga puncaknya sekira pukul 12.19 WIB.

Masyarakat Indonesia pun bisa melihat fenomena alam yang jarang terjadi ini. Namun sebelum melakukan itu, ketahui dulu dampak menyaksikan gerhana matahari bagi kesehatan mata.

Dilansir dari berbagai sumber, melihat gerhana matahari cincin tanpa menggunakan peralatan keamaan yang memadai bakal membahayakan kesehatan mata. Solar eclips retinopathy, demikian namanya, gejalanya berupa titik hitam atau bulatan hitam di tengah penglihatan.

Saat matahari tertutup bayangan bulan, sinar ultraviolat dalam jumlah yang banyak akan terpancar. Inilah yang akan menyebabkan sakit mata berupa pandangan kabur dan bisa bertahan selama satu bulan hingga beberapa tahun. Bahkan, bukan tidak mungkin mengalami kebutaan.

Peneliti Planetarium dan Observatorium Jakarta, Widya Sawitar, juga mengingatkan bahaya yang mungkin timbul jika warga melihat langsung fenomena Gerhana Matahari Cincin dengan cara yang tidak aman.

Widya pun mengimbau agar masyarakat tidak menatap Gerhana Matahari Cincin terlalu lama. Selain itu, masyarakat juga harus menggunakan filter optik yang dirancang khusus untuk mengamati fenomena alam tersebut.

“Jangan sekali-kali melihat fenomena Gerhana Matahari terlalu lama secara langsung, berbahaya bagi mata. Apalagi dengan peranti optis seperti binokuler atau teleskop tanpa filter khusus,” tulis Widya di laman resmi Planetarium Jakarta.

Fenomena gerhana matahari cincin dapat diamati di Sumatera Utara (Simbolga dan Padang Sidempuan), Riau (Siak, Duri, Pulau Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi, dan Pulau Rangsang), Kepulauan Riau (Batam dan Tanjung Pinang). Kemudian, Kalimantan Barat (Singkawang), Kalimantan Utara (Tanjung Selor) dan Kalimantan Timur (Makulit dan Berau). Adapaun Gerhana Matahari Sebagian dapat dilihat masyarakat yang tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Repost, Sumber : Indozone.id

Artikel ini telah tayang di Indozone.id dengan judul “Ini Dampak Gerhana Matahari Cincin bagi Kesehatan Mata”, https://www.indozone.id/health/9Ds57X/ini-dampak-gerhana-matahari-cincin-bagi-kesehatan-mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *