Skip to main content

INGIN SEHAT ANDA HARUS CERDIK, INILAH UPAYA PUSKESMAS CONCONG SEHATKAN MASYARAKAT

1Concong Luar, 20/05/17 –untuk memperingati Hari Hipertensi Sedunia tangga 17 Mei, UPT Puskesmas Concong Luar melakukan kegiatan “Pengukuran Tekanan Darah” dimulai dari 17 Mei – 20 Mei ini. Setiap pasien maupun keluarga yang menemani akan di berikan Informasi dan Edukasi mengenai Hipertensi sebelum mendapatkan pelayanan dan wajib melakukan pengecekan tekanan darah oleh petugas kesehatan. Tidak hanya itu masyarakat yang lewat pun diberikan Leaflet dan dihimbau agar mau melakukan pengecekan tekanan darah di Puskesmas.

2Kegiatan ini dilakukan untuk mendeteksi sedari dini akan kesehatan masyarakatnya. Sejauh ini Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang paling sering muncul di usia dewasa, Penyakit ini juga merupakan penyakit yang jumlah kunjungannya banyak di UPT Puskesmas Concong Luar. Untuk itu, tujuan dari kegiatan ini yaitu pengenalan terhadap bahaya hipertensi serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya mencegah dan mengendalikan hipertensi.

Ibu Inda menambahkan bahwa Kegiatan ini juga mengenalkan kepada masyarakat pola hidup sehat yaitu pemahaman mengenai “CERDIK” yang merupakan singkatan dari Cek Kesehatan Teratur, Enyah Asap Rokok, Rajin Aktivitas Fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola Stres, sebagai salah satu upaya dalam pencegahan hipertensi. Karena beberapa macam penyakit seperti stroke, masalah ginjal, serangan jantung, Diabetes berkaitan erat dengan hipertensi, ujarnya.

Mengukur tekanan darah merupakan salah satu bentuk deteksi dini yang sederhana dan bisa dilakukan minimal sebulan sekali ke Puskesmas terdekat. Dengan kebiasaan tersebut diharapkan masyarakat akan terbebas dari hipertensi atau tekanan darah tinggi terutama di concong. Salam Sehat!

Promkes Concong@Inda Oktari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *