Skip to main content

IBU HAMIL SASARAN PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN HIV/AIDS, UPT PUSKESMAS KEMPAS JAYA TAHUN 2019

Penyakit  HIV/AIDS jika terjadi pada ibu hamil yaitu selain mengganggu produktivitas ibu hamil berusia produktif, beresiko pula dalam menghasilkan generasi bangsa yang juga menderita penyakit menular tersebut. Untuk mencegah hal tersebut sebelum terjadi UPT. Puskesmas Kempas Jaya langsung memberikan penyuluhan dan pemeriksaan HIV/AIDS dengan menggunakan alat RAPID TES di Puskesmas Kempas Jaya , rabu, (19/06/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Puskesmas, Tenaga Kesehatan, Tenaga Promkes, dan Ibu-ibu hamil yang akan melakukan pemeriksaan.

Dalam penyuluhan ini yang dijelaskan langsung oleh Hendra Wahyudi, SKM selaku pemegang program HIV/AIDS bahwa kenapa ibu hamil sasaran utama dalam pemeriksaan HIV/AIDS, hal ini didasari karna jumlah kasus HIV/AIDS bagi ibu hamil selalu meningkat setiap tahunnya dan stigma diskriminasi dan minimnya pengetahuan masyarakat umum tentang HIV/AIDS. Selain itu ibu hamil yang terkena HIV/AIDS bisa mempersulit pencepaian target di bidang kesehatan pada 3 poin sekaligus yaitu : angka kematian ibu, angka kematian bayi dan prevalensi kasus HIV/AIDS.

Selain melakukan pemeriksaan di puskesmas, UPT. Puskesmas Kempas Jaya juga langsung turun memberikan penyuluhan dan pemeriksaan ke Pustu-pustu yang ada wilayah kerja Kempas Jaya, selama proses kegiatan yang sudah terlaksana ada 5 Pustu yaitu Pustu Rumbai Jaya, Pustu Karya Tani, Pustu Sungai Gantang, Pustu Danau Pulai Indah dan Pustu Harapan Tani.

Kepala Puskesmas UPT. Kempas Jaya Bapak Suharmin, SKM.MM mengatakan saya sangat mendukung sekali program penyuluhan dan pemeriksaan HIV/AIDS pada ibu hamil ini karna dengan adanya penyuluhan ini ibu hamil menjadi tau tentang penyakit HIV/AIDS dan tentunya bisa mencegah penyakit tersebut.

Semoga kita semua khususnya ibu hamil terhindar dari penyakit HIV/AIDS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *