HARI INI RATUSAN PASIEN BERDUYUN-DUYUN KUNJUNGI RSUD PURI HUSADA TEMBILAHAN DAPATKAN PELAYANAN OPERASI KATARAK GRATIS DALAM PERAYAAN HARI KESEHATAN NASIONAL

img_2634Tembilahan, 26 Oktober 2016 Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir bersama Rumah Sakit Puri Husada Tembilahan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini memberikan sesuatu yang berbeda dari biasanya, hal itu nyata terlihat dari antusias masyarakat yang satu hari sebelumnya berduyun-duyun mengunjungi Aula Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan demi mendaftarkan dirinya maupun yang turut membawa keluarganya untuk mendapatkan pelayanan operasi katarak secara Cuma-Cuma. Kepala Dinas Kesehatan H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes mengungkapkan

kita berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan setiap tahunnya sehingga tidak ada lagi masyarakat yang menderita katarak dan pusing memikirkan biaya berobat katarak yang tinggi, melalui menjaringan oleh tim kesehatan yang ada disetiap kecamatan, desa kita terus berupaya mendata pasien penderita katarak dan Alhambulillah tahun ini kita mendapat kuota sebanyak 200 orang dan semoga dari angka ini kedepannya akan semakin berkurang penderita katarak di Inhil”.

Padatnya pasien yang datang membuat pihak Rumah Sakit memberlakukan sistem antri yang panjang namun hal itu tidak membuat pasien merasa keberatan demi untuk mendapatkan pelayanan yang merupakan suatu yang paling berharga untuk kesehatan mata mereka. Pasien yang datang berasal dari segala penjuru negeri Indragiri Hilir ini didominasi oleh masyarakat lanjut usia dan ada juga yang masih tergolong muda.

Hadir dalam acara ini Kepala BCA Kantor cabang pembantu Tembilahan Bun Ho, Bupati Indragiri Hilir H.M. Wardan yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini yang juga tampak didampingi oleh ibu Bupati Hj. Zulaikhah Wardan, Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hilir Zainal Arifin,SKM, M.Kes yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan H. M. Ridwan, S. Sos, M.Kes, Direktur Puri Husada dr. Irianto dan ketua Tim SPBK  Perdami Rita Polana.

Bersama program kegiatan bakti sosial Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir yang bekerja sama dengan Bank Central Asia ( BCA ) dan persatuan Dokter Specialis Mata Indonesia ( PERDAMI ) sukses mengawali pembukaan acara Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis bagi masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir.

“Alhamdulillah tahun ini kita berhasil mendata dan akan kita tangani pasien dengan penderita Katarak sebanyak dua ratus orang dan juga pasien dengan penderita Bibir Sumbing ada tiga puluh orang, Kita melihat betapa Antusiasme masyarakat yang datang bahkan lebih dari 250 yang mendaftar sampai pada hari ini. Oleh sebab itu kita Mengharapkan kalau biasanya pada tahun sebelumnya kegiatan seperti ini kita laksanakan satu tahun sekali namun kita harapkan tahun ini kita dapat melaksanakan dua kali dalam satu tahun, kita mengucapkan Terimakasih kepada sponsor BCA dan semoga tahun depan ada banyak lagi sponsor dalam kegiatan seperti ini. Kalau Indonesia sudah mencanangkan bebas katarak pada tahun 2020 tentunya target kita inhil harus bebas katarak tahun 2019,  tentunya Pemerintah Daerah bersama Dinas Kesehatan, RSUD Puri Husada Tembilahan, BPJS dan lain sebagainya dapat memberikan bantuan layanan kepada masyarakat kita pada operasi katarak. Tutur Bupati H.Muhammad Wardan. Tutur Bupati Inhil H.M Wardan”.

img_2671Operasi Katarak yang dalam hal ini termasuk salah satu wujud kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir dan bekerja sama dengan BCA dalam upaya menekan jumlah kebutaan akibat katarak, melalui operasi ini masyarakat diharapkan dapat kembali sehat dan produktif untuk bersama-sama untuk membangun potensi wilayah mereka. Terutama mengingat Riau merupakan wilayah yang penuh dengan potensi alam dan SDM nya,” ujar Bun Ho, KA BCA KCP Tembilahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *