Keritang, 06/03/2019. Sebelum pasien rawat jalan di panggil untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas, tenaga promkes upt puskesmas Pengalihan Keritang melakukan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat “GERMAS”. Gerakan masyarakat hidup sehat ini merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan perilaku sehat dalam kehidupan sehari hari.

pasien rawat jalan yang rutin pergi memeriksaan kesehatannya diharapkan bukan hanya dalam keadaan sakit baru pergi memeriksa kesehatannya, tetapi dalam keadaan sehatĀ  juga harus rajin memeriksa kesehatan dengan maksud bisa medeteksi penyakit sejak dini. pepatah “mengatakan mencegah lebih baik dari mengobati”.

pemeriksaan kesehatan secara rutin merupakan salah satu langkah kegiatan GERMA. langkah-langkah kegiatan germas lainnya bisa juga dengan melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

diharapkan kepada pasien rawat jalan yang rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin bisa melakukan gerakan germas dengan melakukan langkah-langkah germasnya agatr kesehatan bisa terjaga dengan baik.

 

Sumber : Robiatun Adawiyah, SKM ( promkes Pengalihan Keritang )

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini