Skip to main content

Germas Tidak Berjalan Penyebab Tingginya Angka Kematian di Provinsi Riau

Kasi Bidang Promkes Dinkes Prov Riau
Foto : Holi/Dok.MCT Dinkes Inhil


Kenapa angka kematian di Riau tinggi? Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Rozita mengatakan penyebabnya adalah karena Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tidak berjalan.

Dari dahulu Germas disosialisasikan dan dicanangkan, juga sudah ada komitmen, tapi tidak dilaksanakan. Germas adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit tidak menular atau yang sejak masa pandemi dikenal dengan penyakit komorbid. Penyakit komorbid suatu penyakit yang muncul secara bersamaan saat seseorang sedang sakit.

โ€œGermas sudah dicanangkan dari tahun 2017, dilaksanakan pencanangannya sampai 2019. Lalu dievaluasi oleh presiden pada akhir tahun 2019 di Palembang. Ternyata, Provinsi Riau yang ada 4 kabupaten yang sudah dicanangkan, tidak ada yang melaksanakan secara nyata. Hanya dalam bentuk peraturan bupati/walikota, tapi implementasinya tidak kelihatan.โ€ Ungkap Kasi Promkes Dinkes Provinsi Riau, Rozita di Hotel IP (Inhil Pratama), Tembilahan hari ini, 18 Juni 2021. Dalam Pertemuan Pengembangan dan Pelaksanaan UKBM dan Peningkatan Upaya Advokasi Kesehatan, Pemberdayaan, Penggalangan Kemitraan Peran Serta Masyarakat dan Lintas Sektor di Kab/Kota.


Kasi Promkes Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Rozita mengingatkan dari tahun 2020 seharusnya kegiatan tidak lagi fokus pada sosialisasi atau advokasi lagi soal hidup sehat. Hidup sehat seharusnya sudah menjadi pola hidup keseharian. Pada masa pandemi seharusnya imunitas tubuh sudah kuat, salah satu pencegahan terpapar virus Covid-19 adalah imunitas tubuh yang tinggi. Kalau imunitas tinggi, rajin mencuci tangan, rajin memakai masker, kemungkinan terpapar virus covid-19 lebih kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *