Skip to main content

Gerak Cepat, UPT. Puskesmas Tembilahan Hulu mulai Lakukan Penyuluhan Pencegahan DBD ke sekolah

KAMIS, (10/10/19). Memasuki musim pancaroba saat ini masyarakat perlu mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit Demam Berdarah (DBD).

Dalam hal ini petugas Upt. Puskesmas Tembilahan Hulu melakukan penyuluhan DBD di Seluruh sekolah wilayah kerja Puskesmas Tembilahan Hulu dengan menjaga kebersihan lingkungan di dalam maupun di luar ruangan, rumah atau gedung, yaitu melalui peningkatan Gerakan Jumat Bersih untuk memberantas sarang dan jentik-jentik nyamuk.

Pencegahan demam berdarah (DBD) yang paling efektif dan efisien sampai saat ini adalah kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus, yaitu :

  1. Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.
  2. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.
  3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk tempat terjadinya perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan PLUS, adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, Menggunakan kelambu saat tidur, Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, Menanam tanaman pengusir nyamuk, Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, serta Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan yang dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.

 

Sumber : Anggita Merry, SKM (Promkes Puskesmas Tembilahan Hulu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *