Skip to main content

GELAR SOSIALISASI MR, PUSKESMAS SUNGAI PIRING BACK UP LINSEK DAN BENTUK POKJA KECAMATAN BATANG TUAKA

Upt Puskesmas Sungai Piring gelar kegiatan sosialisasi imunisasi Measles Rubella (MR) di Aula kantor Camat Batang Tuaka terlihat yang hadir pada acara tersebut Camat Batang Tuaka, Lurah, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat (tomas), Ketua PKK Desa dan kader posyandu se-Kecamatan Batang Tuaka.

Materi tentang campak rubella disampaikan langsung oleh nara sumber dari Dinas Kesehatan Inhil Kepala Seksi ( kasi ) Surveilans dan Imunisasi Herman Mahat, SKM. MM.

“Campak atau measles adalah penyakit infeksi menular melalui saluran pernafasan yang di sebabkan oleh virus”, ucap Herman Mahat

Lebih lanjut beliau menjelaskan anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat Imunisasi campak dan rubelle atau yang belum pernah mengalami penyakit ini beresiko tertular.

“Komplikasi yang dapat ditimbulkan dari penyakit campak ini sangat serius seperti diare, radang paru-paru, (pneumonia), radang otak, kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian”, ungkapnya

Sedangkan gejala dari campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit di sertai dengan batuk, pilek dan mata merah serta gejala dari penyakit rubelle tidak specifik, bahkan bisa tanpa gejala. Gejala umum berupa demam ringan, pusing, mata merah dan nyeri persendian mirip gejala flu.

“Harapan kita kepada masyarakat agar membawa anak-anak usia 9 bulan s/d 15 tahun ke fasilitas kesehatan untuk diberikan suntikan vaksin MR”, tandasnya

#diakhir kegiatan sesuai kesepakatan bersama, maka dibentuk koordinator pokja Kecamatan Batang Tuaka yang mana tugasnya nanti untuk mengkoordinir kampanye serentak yaitu pemberian imunisasi massal pada siswa/i sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *