Skip to main content

Evaluasi Program Imunisasi di Masa Pandemi, Masyarakat Butuh Kepercayaan

“Tenaga kesehatan adalah orang yang memilih profesi yang memerlukan dedikasi dan pengabdian yang tinggi. Jangan ketika sudah mendapat profesi itu, dedikasi dan pengabdian itu dilunturkan oleh hal-hal yang tidak penting.”

Demikian pesan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hilir, Budi N. Pamungkas kepada para peserta pertemuan “Evaluasi Program Imunisasi di Masa Pandemi”.  Para peserta yang terdiri dari perwakilan tenaga kesehatan seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir diharapkan menjadi ujung tombak terbangunnya kepercayaan masyarakat. Oleh sebab itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hilir, Budi N. Pamungkas meminta para tenaga kesehatan tidak mempertanyakan kebijakan dari pemerintah. Budi mencontohkan, jika para tenaga kesehatan mempertanyakan dan menolak pemberian vaksin ketiga, maka hal itu akan berdampak kepada kepercayaan masyarakat terhadap vaksin.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hilir, Budi N. Pamungkas. (foto : dok.dinkes inhil)

Di hadapan para peserta “Evaluasi Program Imunisasi di Masa Pandemi”, Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hilir, Budi N. Pamungkas juga mengungkapkan telah melakukan evaluasi terhadap 30 puskesmas. Evaluasi yang dilakukan adalah :

  1. Kehadiran kepala puskesmas dan staf di tempat kerja.
  2. Bagaimana pengaruh kepala puskesmas terhadap masyarakat untuk terlibat dalam beberapa kegiatan yang dilaksanakan puskesmas.
  3. Siapakah petugas yang ada di puskesmas, yang berpengaruh dan memiliki kredibilitas bisa mewakili kepala puskesmas saat dibutuhkan.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hilir, Budi N. Pamungkas juga menyinggung soal kecenderungan data yang disediakan puskesmas selama ini mengikuti pelaksanaan kegiatan dan anggaran yang ada, bukan anggaran yang mendukung kegiatan yang dibutuhkan. Budi berharap puskesmas bisa membangun kerjasama yang baik dengan kecamatan dan kepolisian sektor setempat dalam pengolahan data untuk pembangunan Kabupaten Indragiri Hilir yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *