Skip to main content

ERADIKASI FRAMBUSIA DI KECAMATAN BATANG TUAKA

Puskesmas sungai piring melakukan pemeriksaan frambusia di 7 Desa 1 Kelurahan se-Kecamatan Batang Tuaka, senin (09/09/2019).

Frambusia adalah suatu infeksi bakteri jangka panjang ( kronis ) yang paling sering mengenai kulit, tulang dan sendi. Gejala umum dari penyakit frambusia adalah :

  1. Suatu pertumbuhan yang gatal pada kulit, biasanya di kaki atau bokong yang akhirnya menimbulkan kerak kuning tipis.
  2. Pembengkakan kelenjar bening.
  3. Ruam yang membentuk kerak cokelat.
  4. Nyeri tulang sendi.
  5. Benjolan atau kutil yang menyakitkan pada kulit dan telapak kaki.

Salah satu cara pencegahan adalah dengan menyembuhkan mereka yang menderita penyakit frambusia sehingga mengurangi resiko penularan, memberikan pengobatan pada seluruh masyarakat, meningkatkan kebersihan dan sanitasi lingkungan.

Kegiatan frambusia ini dilakukan oleh Puskesmas Sungai Piring dengan sasaran 7 Desa dan 1 Kelurahan se-Kecamatan Batang Tuaka diantaranya Desa Sungai Luar, Desa Junjangan, Desa Simpang Jaya, Desa Sungai Rawa, Desa Tanjung Siantar, Desa Sialang Jaya, Desa Tasik Raya dan Kelurahan Sungai Piring.

Hari pertama pemeriksaan adalah di Desa Sungai Luar dan Desa Junjangan, untuk Desa Sungai Luar dengan sasaran Balita sampai Usia 59 Bulan terdapat sekitar 40an Balita yang terjaring pemeriksaan dan di ambil sampel darahnya.

Menurut Kepala Puskesmas Sungai Piring Ibu Hj.Nuraf’ni, S.Tr.Keb mengatakan ” kegiatan pemeriksaan frambusia ini juga sudah pernah di laksanakan di Tahun sebelumnya, semoga hasilnya nanti tidak ada masyarakat kita yang mengalami penyakit frambusia’’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *