Skip to main content

DUSUN SIALANG DALAM, WAKILI RIAU PADA LOMBA TOGA TINGKAT NASIONAL

Dusun Sialang Dalam, Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berhasil mewakili Provinsi Riau pada nominasi lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Untuk keperluan lomba tersebut, Kepala Dinas kesehatan (Kadiskes) Inhil, H Zainal Arifin beserta jajaran mendampingi tim verifikasi yang melakukan peninjauan dan penilaian langsung ke Dusun Sialang Dalam.

Turut hadir mendampingi, Ketua TP PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan beserta para pengurus, Camat Batang Tuaka, H Marpoyanto dan Kepala Puskesmas Sungai Piring, Hj Nur Afni.

Ketua Tim Penilai, dr Yuniati Situmorang mengatakan, penilaian oleh tim verifikasi diantaranya mencakup dukungan Pemerintah Provinsi Riau yang secara berjenjang pada Pemkab Inhil hingga tingkat Kelurahan/Desa.

Selanjutnya, tim juga akan menilai upaya yang telah dilakukan kelompok-kelompok Toga dengan sasarannya adalah rumah tangga yang telah menanam dan memanfaatkan Toga dan akupresur.

“Tim penilai akan melihat sejauh mana dukungan pemerintah daerah, baik dari kebijakan atau regulasi maupun dukungan anggaran untuk pembinaan kepada kelompok-kelompok Toga yang ada di Dusun Sialang Dalam,” ujarnya.

Sementara itu, Kadiskes Inhil, H Zainal Arifin berharap agar pemanfaatan Toga tidak hanya dilakukan pada ajang perlombaan semata.

Menurutnya, yang terpenting adalah menumbuhkan sikap dan perilaku masyarakat agar mau memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam Toga dan menggunakan tanaman tersebut untuk kesehatan keluarga.

“Paradigma ini yang harus kita bangun pada masyarakat, sehingga kualitas kesehatan masyarakat Provinsi Riau semakin Prima,” harapnya.

Kemudian, Kadiskes juga mengucapkan terima kasih atas peran serta warga Dusun Sialang Dalam, yang telah membuat taman dengan menanam Toga di sekitar rumahnya menjelang pelayanan mandiri dari Dinas Kesehatan.

Mantan Kadiskes Provinsi Riau ini juga menyatakan, ke depan akan meningkatkan pembinaan guna memanfaatkan Toga tingkat Dusun, Desa dan Kelurahan.

“Ini juga akan dijadikan ajang kompetisi guna memacu semangat para warga, untuk menjadikan Dusun Sialang Dalam sebagai percontohan,” imbuhnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *