Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui sub bagian perencanaan dan pengendalian menggelar pertemuan pemutakhiran data profil kesehatan tahun 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Hotel Inhil Pratama Senin (30/7) Sore dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Inhil H Zainal Arifin SKM MKES, turut dihadiri para pejabat eselon dilingkungan Diskes Inhil, para pemegang program, narasumber Achmad Jajuli SKM MKM Kasubag Perencanaan Program Diskes Provinsi Riau dan Rina Subbag Perencanaan Program Diskes Provinsi Riau

Kegiatan tersebut, bertujuan untuk menggambarkan secara umum situasi, kondisi dan keadaan di negeri hamparan kelapa dunia Kabupaten Inhil,  khususnya di bidang kesehatan.

Selain itu kegiatan tersebut juga untuk mengevaluasi sejauh mana capaian dan hasil dari program yang selama ini diberikan.

Kepala Dinas Kesehatan dalam sambutannya mengatakan, data merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perencanaan khususnya berkaitan langsung dengan program kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu dikatakan Zainal Arifin setelah mengikuti pertemuan diharapkan nantinya para peserta dapat bekerja dengan lebih serius dan maksimal dalam mengumpulkan dan menginput data. apalagi seperti diketahui bahwa data kesehatan ini tidak berbentuk statis tetapi melainkan bergerak dinamis.

“Contoh saja data kematian, tentu tidak akan tetap jumlahnya pada setiap bulannya, pasti ada naik atau turun. Begitu juga dengan data-data lainnya,”ujarnya

Lebih lanjut beliau mengungkapkan, sangat penting memberikan penyegaran kembali kepada aparatur dan tenaga kesehatan, baik yang ada di Puskesmas maupun dinas kesehatan, sehingga dapat terus meningkatkan kompetensi dan kinerjanya sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kedepannya, kita juga ingin agar Puskesmas lebih terbuka tentang data dan informasi kesehatan yang ada di wilayah kerjanya, serta meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar seluruh pihak terkait,”tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini