Skip to main content

DISKES GELAR PERTEMUAN PENINGKATAN PENGELOLAAN MANAJEMEN PUSKESMAS

Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar pertemuan peningkatan pengelolaan manajemen Puskesmas saya Kabupaten Inhil. Acara yang dilaksanakan di Aula Wisma Kemuning Muda Jalan Diponegoro Tembilahan, Rabu (11/7)  Sore.

Kepala Dinas Kesehatan H Zainal Arifin SKM MKES saat membuka pertemuan tersebut mengatakan, Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu bagian atau Kecamatan.

Berkenaan dengan hal tersebut, Zainal menuturkan, Puskesmas berfungsi menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) Tingkat Pertama.

“Keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan sangat ditentukan oleh adanya peluang yang baik dan terarah yang didukung data akurat, tepat waktu dan relevan yang dapat dipertanggungjawabkan,”tutur Zainal.

Ketersediaan data yang akurat dan up to date merupakan faktor penting dalam penyusunan program pembangunan di bidang kesehatan, karena itu nggak enak memaparkan perlu adanya perencanaan Puskesmas yang terinci dalam rencana tahunan puskesmas sesuai siklus perencanaan daerah.

“Puskesmas dalam melaksanakan upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama dan upaya kesehatan perorangan, karena itu diperlukan manajemen Puskesmas yang dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan agar menghasilkan kinerja Puskesmas yang efektif dan efisien sesuai dengan Permenkes nomor 44 tahun 2016,”paparnya.

Melalui pertemuan ini Zainal mengharapkan Puskesmas dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja tahun lalu dan merencanakan kegiatan-kegiatan yang ada dasarnya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat serta peningkatan manajemen Puskesmas berdasarkan konsep P-O-A-C, (Planning, Organisme, Actionnya, Controling).

“Kepada para peserta Saya ucapkan selamat mengikuti pertemuan ini semoga pertemuan ini membawa manfaat untuk kebaikan dan kemajuan Puskesmas di Kabupaten Indragiri Hilir,”tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *