Skip to main content

DINKES INHIL GELAR PENGUATAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN GERMAS PADA LINTAS SEKTOR.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan sebuah gerakan secara nasional dan bukan program Dinas Kesehatan. Perlunya deteksi dini adalah untuk mengetahui dan menurunkan resiko penyakit yang tidak menular dalam tubuh kita. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan H Zainal Arifin SKM MKES melakukan Pertemuan Koordinasi Penguatan Implementasi Kebijakan Lintas Sektor terkait Germas, Selasa (25/9).

Acara yang dihadiri kadis Provinsi Riau, diwakili kasi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Rozita, Kabid Kesehatan Masyarakat, kasi promkes Inhil, seluruh lintas sektor.

“Kami harapkan peran serta dari seluruh lintas sektor untuk membebaskan lingkungan masyarakat sekitarnya dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) serta dibutuhkan peran aktif dari seluruh pihak untuk menyukseskan program Germas,”ujar Zainal.

Selain itu, dikatakannya, pihaknya mensosialisasikan mengonsumsi snack buah. Setiap OPD untuk membiasakan mengonsumsi buah saat ada pertemuan dilaksanakan. Dirinya  menambahkan, pentingnya untuk menggerakkan seluruh OPD dan karyawannya agar terbiasa mengonsumsi buah lokal dan membiasakan pola hidup sehat.

“Dibutuhkan aksi nyata dari semua komponen agar pola hidup sehat sudah terbiasa dilakukan oleh masyarakat. Selanjutnya masing-masing OPD dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya terkait Germas,”tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *