Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menggelar sosialisasi pemantapan BLUD Puskesmas se-Kab. Indragiri Hilir yang dipusatkan di Aula Pertemuan Hotel Dubest, minggu (27/01/2019). Adapun Narasumbernya dari Kementerian Dalam Negeri, BPKAD Inhil, Inspektorat Inhil, kemudian peserta pertemuan ini terdiri dari pimpinan beserta pejabat teknis dan pejabat keuangan BLUD Puskesmas.

Kepala Dinas kesehatan kabupaten Indragiri Hilir H. Zainal Arifin, SKM.,M.Kes dalam sambutannya mengatakan pada tahun 2017, 25 Puskesmas telah ditetapkan menjadi BLUD sesuai dengan KTPS.96/I/HK/2017/. Dan pertanggal 1 januari 2019 Puskesmas sudah bisa menerapkan PPK BLUD Puskesmas sesuai peraturan Bupati yang telah dibuat saat ini sejumlah 8 buah, diharapkan agar bisa menjadi acuan pelaksanaan PPK BLUD di Puskesmas. Dengan adanya pedoman teknis pengelolaan keuangan BLUD pemerintah telah membuka koridor bagi institusi pelayanan publik untuk dikelola secara professional.

“Seperti yang kita ketahui bersama walaupun regulasi BLUD telah di sah kan namun ada kebingungan, keraguan, bagaimana memanfaatkan pendapatannya”,ucap Kadiskes Inhil

“Bagaimana membukukan dan melaporkan  serta bagaimana pemanfaatan silpa dalam mekanisme BLUD Puskesmas”, tambahnya

Lebih lanjut H. Zainal Arifin, SKM.,M.Kes menjelaskan hal ini disebabkan karena puskesmas baru masa transisi dari UPT ke PPK BLUD dimana Puskesmas diberi kewenangan dalam mengelola keuangan.

“Sebenanrnya BLUD tidak sulit untuk dijalani, karena Puskesmas belum terbiasa saja, Jika sudah terbiasa maka akan mudah untuk mengelolanya”, jelas  Kadiskes Inhil

“Manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya, tanyakan hal-hal apa saja yang masih diragukan kepada narasumber”, tutupnya

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini