dinkes-prov-bdnRabu, 20 Juli 2016 Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama pengelola Program Kesga Hari ini menyambangi Puskesmas Teluk Pinang dan Puskesmas Sungai Piring dalam pokus kegiatan penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Indragiri Hilir. Dengan didampingi pengelola bidang yang menangani hal ini Dinas Kesehatan Kab. Inhil sangat mengapresiasi upaya pembinaan terhadap Bidan Desa yang terdapat di Inhil ini khususnya di UPT. Puskesmas Teluk Pinang dan Sungai Piring.

Walaupun harus berjuang mengarungi hempasan ombak dan guyuran hujan yang melanda Inhil saat ini, namun hal itu tidak menjadi persoalan bagi para Inspirator cantik ini untuk melakukan pembinaan kepada petugas yang khususnya bidan yang berada di wilayah kerja puskesmas teluk pinang dan sungai piring, agar kinerjanya bisa sesuai dengan target atau indikator-indikator yang telah ditetapkan baik itu ditingkat Nasional, Provinsi maupun Kabupaten. Seperti yang kita ketahui khususnya kabupaten Indragiri Hilir saat ini merupakan salah satu Kabupaten yang angka kematian ibu dan bayinya masih tinggi, oleh sebab itu upaya menemukan jalan keluar yang terbaik mengenai penanganan kasus ini sangatlah penting.

Setelah dikonfirmasi oleh Media Center Dinas Kesehatan Kab. Inhil, selaku narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengungkapkan bahwa sangat penting bagi petugas kita untuk benar-benar memiliki kemampuan SDM yang maksimal, khusunya Bidan desa sangat dituntut untuk mengerti dan menguasai program dan indikator. Oleh karenanya mereka disini ada untuk me-Refresh kembali mengenai indikator-indikator di KIA dan apa yang harus dilakukan serta target yang harus kita capai supaya dapat bekerja lebih maksimal sesuai dengan harapan Kementrian Kesehatan.

ibu-ibu hamil kini sudah tidak perlu lagi bimbang mengenai biaya melahirkan pada tenaga kesehatan, ada banyak jaminan keseshatan yang kini dapat mempermudah dan mendukung program kesehatan, salah satunya Jampersal. Kita juga akan memiliki rumah tunggu kelahiran (RTK), dari Jampersal untuk operasional nya berarti sewa rumah, listrik dan air juga kepada pasien itu biaya makan pasien dan pendamping serta petugas kesehatan yang merujuk akan ditanggung oleh jampersal.

dinkes-prov-bdn1Untuk mendukung kualitas pelayanan kita tentu harus melibatkan koordinasi lintas program dan lintas sektor, meningkatkan pemberdayaan masyarakat, dalam artian bahwasanya masyarakat itu harus kita berdayakan dalam upaya mendukung demi mempercepat upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan kapasitas SDM. Kegiatan kita kali ini tidak terlepas dari upaya peningkatan kapasitas SDM yang telah ada. Tutur Rita Gustina

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini