Skip to main content

dr. SAUT PAKPAHAN : PENANGGULANGAN PENYAKIT HIV/AIDS MERUPAKAN SALAH SATU PROGRAM PRIORITAS DI KEMENTERIAN KESEHATAN

IMG-20170522-WA0001Dinas Kesehatan menggelar pertemuan evaluasi program GF/HIV semester 3 bagi layanan VCT/CST se-Kabupaten Indragiri Hilir yang dipusatkan di Aula Hotel Inhil Pratama (22/05/2017).

Adapun Peserta terdiri yang mengikuti evaluasi ini dari semua instansi terkait seperti : layanan VCT dab CST – Puskesmas concong, Puskesmas tanah merah, Puskesmas pengalihan keritang, Puskesmas selesen, Puskesmas sungai guntung, Puskesmas tembilahan kota, Puskesmas tembilahan hulu, Puskesmas gajahmada, RSUD Puri Husada, Kpa Kab Inhil, Lsm Bdpn/Yaphi, Lsm Kds, Organisasi Aisyiyah, Bidang Proses Dinkes Kab Inhil, dan Bidang Kesga Seksi Kia.

Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit dr. Saut Pakpahan yang juga Project Manager dalam program penanggulangan Hiv/aids mengatakan Hiv/aids merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia, provinsi Riau maupun khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir. Dimana perkembangan epidemi hiv/aids terus meningkat sampai saat ini jumlah penderita hiv 185 kasus, aids 131 kasus yang terus mengalami peningkatan.

“Hiv/aids salah satu masalah kesehatan yang banyak kita jumpai kasusnya, setiap tahun selalu meningkat”, ucapnya

Kita semua mengetahui bahwa penyakit Hiv/aids sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan dimasyarakat dan merupakan salah satu program prioritas di Kementerian Kesehatan. Dengan tujuan meningkatkan angka harapan hidup bagi penderita ODHA. Dalam rangka akselerasi pencapaian indikator pasien TB, Ibu Hamil yang mendapatkan tes Hiv, maka sangatlah perlu adanya kerjasama yang baik dari semua pihak, hingga tujuan yang ingin kita capai dapat terlaksana sesuai harapan.

“Penanggulangan penyakit Hiv/aids merupakan salah satu program prioritas di Kementerian Kesehatan”, terangnya.

Permasalahan- permasalahan diatas mudah-mudahan dapat diatasi apabila adanya kerjasama baik dari jajaran kesehatan sendiri, mulai dari tingkat pusat sampai ketingat puskesmas termasuk kita semua yang hadir pada pertemuan ini, maupun stake holder serta masyarakat pada umumnya.

“Dengan adanya Pertemuanini kita berharap dapat menformulasikan berbagai permasalahan yang ada dan dapat mengidentifikasikan alternatif pemecahan masalah sehingga dapat menjadi bahan masukan bagi kita semua untuk merencanakan kegiatan yang lebih baik diwaktu yang akan datang”, tutup dr. Saut Pakpahan

Berikut narasumber yang mengisi evaluasi : Dinkes Kab Inhil Prog Hiv Aids, Dinkes Kab Inhil Wasir Tb, Kpa Kab Inhil, Lsm Bdpn/Yaphi, Lsm Kds dan Organisasi Aisyiyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *