Dinas Kesehatan Inhil Taja Pertemuan Evaluasi Program Kefarmasian

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menggelar Pertemuan Evaluasi Program Kefarmasian bagi Puskesmas se-Kabupaten Inndragiri Hilir, yang dilaksanakan di Aula Hotel Inhil Pratama Tembilahan, Kamis (12/12/2019).

Kepala Dinas Kesehatan H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Hj. Devi Natalia, SKM, M.H mengatakan pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien.

“Pelayanan kefarmasian merupakan kegiatan yang terpadu dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan”, ungkap Devi Natalia.

Kepala Seksi Kefarmasian dan Alkes, Irdawati, SKM., MM menyampaikan bahwa mutu pelayanan kefarmasian di puskesmas  dapat ditingkatkan dengan melaksanakan pelayanan kefarmasian di puskesmas sesuai standar dan melalui rangkaian program kefarmasian yaitu Gerakan Masyarakat Cerdas menggunakan Obat (GeMa CerMat), Gerakan Nasional Bugar dengan Jamu (Bude jamu), Penggunaan Obat Rasional (POR), Pelayanan Informasi Obat (PIO), Sistem Pelaporan Narkotika dan Psikotropika serta penggunaan Obat Generik Berlogo.

Lebih lanjut Ia menjelaskan Pelayanan kefarmasian dipuskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Pelayanan kefarmasian dipuskesmas harus mendukung 3 fungsi pokok puskesmas, yaitu sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan masyarakat, dan pusat pelayanan kesehatan strata pertama yang meliputi pelayanan kesehatan perorangan dan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Semoga dengan adanya pertemuan ini dapat meningkatkan kompetensi/kemampuan tenaga kefarmasian, mewujudkan sistem informasi manajemen dan melaksanakan pengendalian mutu pelayanan kefarmasian”, tutupnya

Diakhir acara juga dilakukan pemberian reward untuk Puskesmas dan Insan Kesehatan berprestasi, yaitu :

  1. Tenaga Kefarmasian berprestasi I : Nurfadilah, S.Farm, Apt (Puskesmas Kota Baru)
  2. Tenaga Kefarmasian berprestasi II : Hernawati, AMAF (Puskesmas Tembilahan Kota)
  3. Tenaga Kefarmasian berprestasi III : Hj. Farida Ariani, Amd. Farm (Puskesmas Tembilahan Hulu)
  4. Program Gema Cermat : Puskesmas Gajah Mada
  5. GerNas Bude Jamu : Puskemas Sungai Salak
  6. Penggunaan Obat Rasional (POR): Puskesmas Sapat
  7. Pelayanan Informasi Obat (PIO): Puskesmas Tembilahan Hulu

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *