Skip to main content

Dinas Kesehatan Inhil Gelar Joint Planing TB-HIV Tingkat Puskesmas

Dinas Kesehatan melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) menggelar pertemuan Joint Planing TB-HIV tingkat Puskesmas se-Kabupaten Indragiri Hilir di Aula Hotel Inhil Pratama, selasa (24/09/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, H. Zainal Arifin, SKM., M.Kes yang dalam hal ini diwakili oleh Kapala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Subowo Radiyanto, SKM., M.Kes mengatakan TB dan HIV masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang menjadi tantangan global. Saat ini peringkat Indonesia turun menjadi kedua diantara negara dengan beban TB tinggi di dunia dan penyakit HIV terus mengalami peningkatan kasus dari tahun-ketahunnya.

“Beban pengobatan untuk pasien TB dan HIV akan sulit dilakukan jika dalam suatu wilayah, jika tidak ada kesinergisan dari kedua buah program untuk saling bekerjasama dalam hal penjaringan, pengobatan maupun pencatatan pelaporannya, penyebaran akan terus mengalami peningkatan dari tahun ketahunnya”, ungkap Subowo

Lebih lanjut Subowo mengatakan maka dalam hal ini perlu adanya koordinasi system penatalaksanaan yang saling berkolaborasi bagi kedua program tersebut, baik dalam pengobatan ataupun dalam penatalaksanaan pelaporannya, sehingga penderita yang mendapatkan pengobatan dapat terpantau dengan baik dimasing-masing layanan VCT dan layanan DOTS di wilayah Puskesmas.

“Kita mengetahui karena semua penderita HIV akan rentan tertular penyakit TB begitu pula sebaliknya”, tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *