Skip to main content

DINAS KESEHATAN GELAR PERTEMUAN SOSIALISASI STBM SE-KABUPATEN INHIL

DSCF6957Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Asiah, M.SST, M.Kes selaku panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah terlaksananya pertemuan Peningkatan Kapasitas Sanitasi Puskesmas dalam rangka pengawasan sarana TTU/TPM se-kabupaten Indragiri Hilir dengan baik dan lancar, serta kerjasama lintas program dan lintas sektor terkait pengawasan TTU/TPM dapat berjalan baik, pencatatan dan pelaporan bulanan puskesmas dapat dijalankan dan dilaporkan secara rutin dan setiap bulan.

Kepala Dinas Kesehatan H. Zainal Arifin, S.K.M. M.Kes mengatakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah suatu program nasional dibidang sanitasi yang bersifat lintas sektoral, dengan pendekatan untuk mengubah perilaku hygene dan sanitasi pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Strategi Nasional STBM memiliki dua indicator :

Indicator outcome yaitu : menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lain yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

Indicator output yaitu : tidak BAB sembarangan (SBS), mencuci tangan pakai sabun (CTPS), mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah yang benar, dan mengelola limbah cair rumah tangga yang aman.

“Faktor terbesar seseorang itu sehat atau sakit itu dipengaruhi oleh lingkungan. Kenapa lingkungan disebut, karena pengaruhnya sangat besar. Contohnya Air yang digunakan tidak sehat, maka akan sangat mudah terserang penyakit”, terang H. Zainal Arifin

“Tahun 2018 setiap puskesmas memiliki sumber air bersih dan penyaringan,ujarnya

“Fokus kita kedepannya adalah bagaimana masyarakat menggunakan air bersih setiap saat, terang Kadiskes.

Dalam pertemuan ini kami berharap ada tanya jawab mengenai kesehatan. Dan ada tindak lanjut. Kami sengaja mengundang kepala desa agar bisa memberikan dukungan STBM di masyarakat desa.

“Kami yakin jika dapat dukungan dari kepala desa akses untuk penggunaan jamban sehat ini akan meningkat”, tutup Kadiskes.

Narasumber  Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Kabid Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat PMD Kabupaten Inhil dan Tenaga Pamsimas (Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat) Provinsi Riau. Peserta pertemuan adalah Kepala Desa sebanyak 30 orang, Kepala Upt Puskesmas sebanyak 27 orang dan Pengelola Program Kesehatan Lingkungan Puskesmas sebanyak 13 orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *