Skip to main content

DINAS KESEHATAN GELAR PENYULUHAN NARKOBA DAN DETEKSI DINI NAPZA

Dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten indragiri hilir (Inhil) Berkerjasama dengan SMK 2 Tembilahan melakukan kegiatan penyuluhan penyalahgunaan narkoba dan pemeriksaan deteksi dini Napza dilingkungan ramaja di SMK Negri Tembilahan.

Kegiatan ini yang di hadiri lebih kurang 80 siswa siswi SMK 2 Tembilahan kelas 10 sebagai peserta penyuluhan ini juga bersempenaan dengan milad kabupaten indragiri hilir yang ke 54 sekaligus peringatan hari Anti narkoba 26 Juni 2019.

Acara ini dirangkai dengan tes urine bagi semua peserta penyuluhan Selasa (18/06) di aula SMK 2 Tembilahan yang buka langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Subowo Radiyanto, SKM, M.Kes, dan di hadiri oleh Waka Kesiswaan SMK 2 Tembilahan Jarkasi S.Pd M.Pd serta di isi langsung oleh narasumber Ketua DPC Granat inhil Zakaria serta Dokter Puskesmas gajah mada.

Kepala Dinas Kesehatan yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ( P2P ) Subowo Radiyanto, SKM, M.Kes mengatakan Penyuluhan ini untuk membentengi diri remaja agar bisa menghindari narkoba karena ini adalah ancaman yang nyata dan selalu mengintai kapan saja.

“Tujuan kita adalah memberikan edukasi kepada remaja agar bisa menjaga diri, terutama dari narkoba dan zat zat berbahaya lainnya”, ungkap Subowo

lebih lanjut Subowo mengatakan selain penyuluhan Narkoba juga akan dilakukan deteksi dini NAPZA dengan harapan tidak ada siswa/i yang positif atau pernah memakai zat-zat berbahaya.

“Bentengi diri dengan Iman dan taqwa dan jangan terpengaruh dari lingkungan yang tidak baik, serta selalu waspada terhadap Narkoba, karena narkoba merusak masa depan”, tutupnya

Sementara itu Wakil Kesiswaan SMK Negeri 02 Tembilahan Jarkasi, M.Pd menyambut baik kegiatan ini tentunya penyuluhan ini sangat dibutuhkan oleh siswa atau siswi untuk dijadikan pegangan dalam menjalani hidup kedepannya.

“Apa yang disampaikan nanti bisa didengarkan dengan baik dan bisa dijadikan pedoman untuk kita kedepannya”, harapnya

Ketua DPC Granat Kabupaten Inhil Zakaria Sebagai narasumber menjelaskan akibat narkoba dari segi kesehatan. Menurutnya, dampak penggunaan narkoba secara sembarangan sangat merusak kesehatan. Seperti organ vital tubuh manusia yaitu jantung, hati, otak, paru-paru, dan ginjal.

“Jika hal ini terjadi maka akan menimbulkan dampak sosial maupun ekonomi yang cukup besar sampaikan kepada kawan kawan
jangan rugikan diri sendiri angkatlah prestasi untuk masa depan harumkan nama pribadi dan keluarga,” ucap Zakaria

Dia berharap semua siswa menghindari menggunakan narkoba. Karena jika sekali mencoba, ke depannya sulit untuk menghindar, sebab narkoba memiliki efek ketergantungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *