Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir melalui Bidang Kesehatan Masyarakat dengan melibatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pasar, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Kantor Camat Tembilahan Hulu dengan melibatkan Upt. Puskesmas Tembilahan Hulu menggelar Implementasi “Pasar Sehat” Banyak Manfaat di Pasar Kayu Jati, jum’at (09/05/2019).

Kepala Dinas Kesehatan H. Zainal Arifin, SKM M.Kes yang dalam hal ini melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Hj. Devi Natalia yang diwakili oleh Yanrel Kasmadi, SKM Pengelola Program Kesehatan Lingkungan (kesling) Dinkes kab. Inhil mengungkapkan  Pasar Sehat adalah suatu kondisi pasar yang bersih, aman, nyaman, dan sehat yang terwujud melalui kerjasama stakeholder terkait dalam menyediakan bahan pangan yang aman dan bergizi bagi masyarakat (Kemenkes RI No 519/2008).

“Ini merupakan Program Nasional, Presiden jokowi dengan program nawacitanya pada periode pertama, Pemerintahanya telah melakukan Revitalisasi pasar sebanyak 5000 pasar di seluruh Indobesia”, ungkap Yanrel Kasmadi

Lebih lanjut Yanrel Kasmadi mengatakan Pasar yang tadi kesannya kumuh, jorok, dan lain-lain. Sekarang menjadi suatu tempat yang menyenangkan, makanya pemerintahan Pusat menginstruksikan kepada setiap Kabupaten/Kota untuk memiliki dokumen Kabupaten/Kota yang sehat.

“Tentu la berbanding lurus dengan hasil di lapangan, apabila tidak dilaksanakan dokumen Kabupaten/Kota ini, tentulah di mempunyai sangsi bagi Kabupaten/Kota tersebut, elemen elemen dari Kabupaten/Kota salah satu nya adalah pasar sehat “, tutupnya

Sementara itu menurut Rasul Rozali salah seorang pedagang yang ikut implementasi Pasar Sehat mengatakan sangatlah cemerlang untuk diterapkannya “Pasar Sehat” serta membuat kami merasa senang dan bangga bisa menjadi bagian dari program tersebut.

“Kedepannya semoga menjadi pasar kayu jati menjadi pasar yang sehat dan bersih selamanya”, harap Rasul

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini