DINAS KESEHATAN EVALUASI BERSAMA MENGENAI POLA NEW FUNDING MODEL

Dinas Kesehatan Kabupaten Indraimg_20161117_113946giri Hilir mengadakan pertemuan Evaluasi program penanggulangan HIV dan AIDS semester II dengan dukungan Global Fund. Kamis (17/11/2016).

Peserta yang mengikuti evaluasi ini Dinas Kesehatan, Komisi Penanggulangan Aids (KPA), LSM BDPN Tembilahan, KDS Family Support Group, RSUD Puri Husada, Puskesmas Tembilahan Kota, Puskesmas Hulu, Puskesmas Gajah Mada, Puskesmas Sungai Guntung, Puskesmas Tanah Merah, Puskesmas Concong Luar, Puskesmas Selensen dan Puskesmas Pengalihan Keritang. Yang terdiri dari perwakilan RR CST, admin VCT, Koordinator VCT, Analisis, Dokter, Perawat, Pemegang Program HIV se-Kabupaten Inhil.

Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan dr. Saut Pakpahan yang diwakili oleh Staff Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Pengelola Program Hiv/Aids Erianto P Sirait, SKM menyebutkan Dinas Kesehatan akan terus mengupayakan penanggulangan dengan berusaha secepat mungkin menemukan penderita positif HIV di Inhil.

“Tujuan kita untuk mengevaluasi sejauhmana kegiatan layanan-layanan Voluntary Counseling Test (VCT) , Care Support Treatment (CST)  dan IMS yang sudah kita latih, selama ini  mereka bekerja. Kendala-kendala apa saja yang mereka hadapi dilapangan, karena model pelayanan sebagus apapun tetap akan ada hambatan. Dengan evaluasi ini kita harapkan bisa memecahkan masalah secara bersama-sama” ucap Erinto

HIV dan AIDS merupakan problema yang tidak terlihat secara nyata namun ada dan menyebar secara pasti. Perkembangan HIV dan AIDS mempengaruhi banyak aspek kehidupan masyarakat dari aspek ekonomi, Kesejahteraan, dan keberlangsungan generasi penerus bangsa. Jika pananggulangan tidak dilakukan dan kalah oleh epidemi maka akan terjadi Lost Generation yang mengancam keberlangsungan Negara.

“Untuk itu kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir secara terbuka mengajak masyarakat, terutama pribadi potensial terkena HIV untuk sama-sama be20161117_100709kerjasama dan sama-sama menanggulangi masalah sosial ini,” tutup Erinto P Sirait. SKM

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *