DINAS KESEHATAN BERSAMA PKK KAB. INHIL LAKUKAN PERTEMUAN DAN PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PETUGAS DETEKSI KANKER LEHER RAHIM DAN KANKER PAYUDARA

Untuk Peningkatan kapasitas petugas dalam rangka deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara, Dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menggelar pertemuan bersama bidan desa se-Kabupaten Inhil di Aula Hotel ELITE pada 16.00 WIB, minggu, 28 Juli 2019. Dan pertemuan ini akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 28 sampai dengan 30 Juli 2019.

Narasumber berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, RSUD Puri Husada Tembilahan, dan TP-PKK kabupaten Indragiri hilir serta di ikuti oleh 60 orang peserta.

Kabid P2P Subowo Radianto SKM M.Kes, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bidan dalam rangka deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara.

“Deteksi kanker leher rahim dan kanker payudara atau yang lebih kita kenal dengan iva test sebenarnya sudah kita lakukan sejak dulu. Namun saat ini baru mencapai angka 38,5 persen, sementara target yang harus kita capai adalah 32.158 orang. Ujar kabid P2P dinkes inhil.

Hj. Zulaikhah Wardan S.Sos ME selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Indragiri Hilir berpesan agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, dan menyerap ilmu dari para narasumber untuk diterapkan di tempat bertugas.

“Bidan desa itu di tuntut untuk mampu memotivasi, mengajak, dan membujuk masyarakat untuk memeriksakan diri ke bidan desa. Karena di desa, saya yakin dan percaya masih banyak masyarakat yang masih percaya dukun bahkan melahirkan tidak mau sama bidan, Karna bidan tidak bisa melayani dengan baik, ini saya pikir merupakan salah satu keraguan dan asumsi yang salah, tutup Ketua TP-PKK kab. Inhil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *