DINAS KESEHATAN ADAKAN PELATIHAN PENGGUNAAN ALKES UNTUK PUSKEMAS DAN PUSTU SE-INHIL

img_20161128_154409_1Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar pelatihan penggunaan alat kesehatan (alkes) bagi tenaga medis dan paramedis Puskesmas se-Kabupaten Indragiri Hilir,(28/11/2016).

Kegiatan yang dipusatkan di aula Hotel Inhil Pratama Tembilahan ini, dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) diwakili Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK), dr Saut Pakpahan dan didampingi Kasubbag Perencanaan dan Pengendalian, Edi Irawan.

Kabid PMK Diskes Inhil, dr Saut Pakpahan dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini terkait dengan adanya bantuan alat kesehatan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Inhil dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Riau tahun 2016.

“Bantuan alat kesehatan yang diterima ini diperuntukan bagi 27 Puskesmas dan 88 Puskesmas Pembantu (Pustu) yang tersebar di seluruh wilayah di Kabupaten Inhil,” kata dr Saut Pakpahan.

Dengan adanya pelatihan tersebut, dr Saut berharap para peserta dapat menggunakan berbagai alat kesehatan yang diberikan untuk membantu diagnosa berbagai penyakit, seperti penggunaan alat kejut jantung, EKG atau alat mendeteksi gangguan jantung, pemeriksaan darah rutin dan urin.

“Mudah-mudahan, pelatihan ini bermanfaat bagi para peserta, dan sepulangnya ke tempat tugas masing-masing dapat memberikan pelatihan kepada petugas kesehatan lainnya, dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” tutupnya.

Senada dengan itu, Edi Irawan Kasubbag Perencanaan dan Pengendalian Dinas Kesehatan menjelaskan bahwa pelatihan penggunaan alat kesehatan bagi tenaga medis dan para medis ini dilaksanakan selama 3 hari.

“Pesertanya sebanyak 81 orang, yang terdiri dari dokter, analis atau petugas laboratorium dan bidan koordinator yang ada di Kabupaten Inhil,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *