Dalam rangka memperingati MILAD Kabupaten INDRAGIRI HILIR KE – 54, Puskesmas sapat bekerjasama dengan lintas sektor melakukan pemeriksaan IVA, SABTU, 06/07/2019 di Puskesmas Sapat kecamatan Kuindra.

Pemeriksaan ini dilakukan oleh Pihak UPT Puskesmas Sapat dan Lintas sektor serta di hadiri Pihak Pemerintah Kecamatan Kuindra dan Tim penggerak PKK Kecamatan dan kelurahan Sapat.

Target pemeriksaan oleh pihak Puskesmas Sapat sebanyak 73 orang wanita usia subur. Sebelum dilakukan pemeriksaan peserta diberikan penyuluhan tentang  IVA Test.

Kepala UPT Puskesmas Sapat dalam sambutannya menerangkan bahwa Tes IVA (inspeksi visual asam asetat) adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai deteksi pertama, tes IVA cenderung lebih mudah karena pemeriksaan dan hasilnya di olah langsung, tanpa harus menunggu hasil laboratorium. Tes IVA menggunakan asam asetat dengan kadar 3-5 persen, yang kemudian diusapkan pada leher rahim. Setelah itu, hasilnya akan langsung ketahuan, apakah Anda di diagnosa memiliki kanker serviks atau tidak. Meskipun terdengar menyeramkan, sebenarnya pemeriksaan ini tidak menyakitkan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Ketika jaringan leher rahim memiliki sel kanker, maka biasanya jaringan akan terlihat luka, berubah menjadi putih, atau bahkan mengeluarkan darah ketika diberikan asam asetat. Sementara, jaringan leher rahim yang normal, tidak akan menunjukkan perubahan apapun.

Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih. Sadanis akan dilakukan sebelum wanita melakukan Inspeksi Vagina dengan Asam aseta (IVA) untuk deteksi dini kanker leher rahim. lanjutnya.

Pemeriksaan ini dianggap pemeriksaan awal yang efektif dan murah untuk mendeteksi kanker serviks dan sadanis. Pasalnya, tidak dibutuhkan waktu dan pengamatan laboratorium lagi untuk tahu hasilnya. Selain itu, kelebihan lainnya adalah pemeriksaan ini aman dilakukan. Mulai saat ini lakukanlah pemeriksaan iva dan sadanis ke puskesmas terdekat.

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini