(Senin, 20/04/2018). VCT mobile adalah kegiatan VCT (Voluntary Counselling and Testing) HIV/AIDS yang dilakukan diluar tempat layanan atau klinik VCT. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten.

VCT awalnya hanya bisa dilakukan ditempat layanan kesehatan, namun kali ini ada program VCT mobile yang bisa dilakukan di mana pun dengan alat-alat tertentu yang bisa dibawa ke mana-mana, dan tanpa biaya (gratis).
Test HIV dilakukan setelah klien terlebih dulu menandatangani surat persetujuan tindakan. Jadi, VCT sebenarnya tes HIV/AIDS yang dilakukan secara sukarela. Karena pada prinsipnya tes HIV/AIDS tidak boleh dilakukan dengan paksaan atau tanpa sepengetahuan orang yang bersangkutan.

Program pemerintah berupa VCT mobile ini merupakan solusi pendeteksian dini HIV/AIDS. Sebelumnya, program VCT ini hanya bisa dilakukan di tempat layanan kesehatan, sehingga masyarakat yang berpartisipasi sangat sedikit. Sebab, biasanya masyarakat juga malas dan tidak punya waktu untuk datang ke tempat layanan kesehatan hanya untuk bertanya-tanya mengenai HIV/AIDS dan test HIV AIDS.

Dalam hal ini PJ program HIV bernama Hernalela, Skm melakukan mobile VCT ke sekolah-sekolah tingkat SMA diwilayah kerja Upt. Puskesmas Tembilahan Hulu.

Lela begitu panggilan akrabnya berharap, program VCT mobile ini bisa terus mendapat dukungan dari pemerintah, Karena dengan program ini pendeteksian dini HIV/AIDS bisa dilakukan, sehingga jika ditemukan kasus HIV/AIDS pun belum mengalami stadium lanjut.

Narasumber : Anggita Merry (Promkes Tembilahan Hulu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here