Skip to main content

DETEKSI DINI PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) PUSKESMAS SUNGAI SALAK BENTUK POSBINDU DAN PELATIHAN KADER POSBINDU SEKOLAH

Untuk mendeteksi penyakit tidak menular (PTM) secara dini, Puskesmas Sungai Salak mengadakan Pelatihan Kader Posbindu dan Pembentukan Posbindu Sekolah yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 12 s/d 13 September 2019 di Aula Puskesmas Sungai Salak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, Guru UKS, dan murid yang akan menjadi kader dari 3 Sekolah yang di tunjuk yaitu Madrasah Aliyah ( MA ) Nurul Hidayah 10 Orang, Madrasah Aliyah (MA) Darussalam 10 Orang dan SMA N I Tempuling 10 Orang, jumlah peserta keseluruhan adalah 30 orang.

Dalam Pelatihan Kader Posbindu ( Pos Pembinaan Terpadu ) materi yang di sampaikan adalah tentang Penyakit tidak menular yang di sampaikan oleh dr. Nur aisarina, Konsep Posbindu sekolah dan alur rujukan PTM oleh Ibu Sri Handayani,SKM dan Materi Pengukuran faktor resiko dan tatalaksana posbindu sekolah oleh ibu Yasinta Wintry,SST.

Tujuan posbindu merupakan kegiatan yang berintegrasi dengan usaha kesehatan sekolah ( UKS) yang akan melakukan tindakan promotif, preventif dan kuratif. Selama ini, kegiatan UKS hanya terbatas pada screening tinggi badan, berat badan dan imunisasi.

Yasinta Wintry, SST mengatakan ” dengan adanya posbindu ini, nantinya anak-anak sekolah akan diadakan pemeriksaan penyakit-penyakit tidak menular yang bisa menyebabkan kesakitan bahkan kematian.Selain itu dengan screening maka faktor resiko penyakit DM, hipertensi, jantung dan gangguan jiwa bisa dideteksi secara dini melalui kegiatan posbindu’’.

Semoga kegiatan Pelatihan POSBINDU ini bisa terlaksana setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *