Skip to main content

DETEKSI DINI KANKER SERVIK, PUSKESMAS SUNGAI PIRING GELAR PEMERIKSAAN IVA

IMG-20170420-WA0022Sebagai upaya deteksi dini bagi wanita terhadap ancaman kanker servik atau kanker leher rahim, UPT Puskesmas Sungai Piring melalui Puskesmas Pembantu (pustu) Tanjung Siantar menggelar Pemeriksaan Kanker Serviks dengan metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) di Kecamatan Batang Tuaka.

Tujuan kegiatan ini dikatakan Kepala Puskesmas Sungai Piring Hj. Nurafni, S.Tr.Keb untuk mengetahui secara dini adanya lesi pra kanker servik/ kanker leher rahim, untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas penyakit kanker servik. Kegiatan pemeriksaan IVA test dan sadani payudara ini masih berlanjut dibeberapa Puskesmas Pembantu (pustu) yang lain dibawah naungan Puskesmas Sungai Piring.

“Untuk saat ini sudah terjaring pemeriksaan iva test sebanyak 229 orang”, terang Hj. Nurafni

“Dari jumlah tersebut masih belum mencukupi dari target 300 orang untuk Kecamatan Batang Tuaka, akan tetapi kami masih terus melakukan kegiatan ini sampai memenuhi target pencapaian”, tutupnya.

Menurut Tuti Auliyah, SKM yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut mengungkapkan tujuan dari pemeriksaan ini bukan hanya untuk menemukan dan mengobati penyakit kanker servik leher rahim saja, akan tetapi memberikan edukasi kepada masyarakat agar menjaga kesehatan setiap saat karena dibagian vital dari tubuh yang sangat rentan terserang penyakit.

“Kami banyak menerima ucapan terima kasih dari masyarakat yang telah dan mau dengan sadar memeriksakan kesehatannya, itu terpancar raut wajah senang ketika hasil pemeriksaan bagus dan memuaskan”, terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *