Skip to main content

Demi Terciptanya Ibu Dan Calon Bayi Yang Sehat, Puskesmas Tembilahan Hulu Adakan Kegiatan Kelas Ibu Hamil

Pembangunan kesehatan di Indonesia, dewasa ini masih di prioritaskan pada upaya peningkatan derajat kesehatan Ibu dan anak, terutama pada kelompok yang paling rentan kesehatan yaitu ibu hamil, bersalin dan bayi pada masa perinatal.

Dinas kesehatan Indragiri Hilir terus berupaya memberikan pelayanan, melalui puskesmas Tembilahan Hulu Dalam Hal Ini melakukan kegiatan kelas ibu hamil, bertempat di Aula Puskesmas Tembilahan Hulu pada Rabu, (16/10/19).

Kelas Ibu Hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, dan persalinan.

Kelas Ibu Hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu s/d 36 minggu (menjelang persalinan) dengan jumlah peserta kurang lebih 10 orang. Di kelas ini ibu-ibu hamil akan belajar bersama, diskusi dan tukar pengalaman tentang kesehatan Ibu dan anak (KIA) secara menyeluruh dan sistimatis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan. Kelas ibu hamil difasilitasi oleh bidan/tenaga kesehatan dengan menggunakan paket Kelas Ibu Hamil yaitu Buku KIA, Flip chart (lembar balik), Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil, Pegangan Fasilitator Kelas Ibu Hamil dan Buku senam Ibu Hamil.

Susi Ernawati, STr. Keb selaku Pembimbing pada kegiatan ini berharap dengan di laksanakannya kegiatan rutin kelas ibu hamil ini dapat untuk mewujudkan kehamilan sehat, ibu selamat dan bayi sehat serta mencegah komplikasi kehamilan , persalinan dan masa nifas.

 

Sumber : Anggita Merry, SKM (Promkes Puskesmas Tembilahan Hulu).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *