Sungai Piring 1 April 2019. PTM (Penyakit Tidak Menular) bisa di cegah salah satunya dengan pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (POSBINDU PTM). UPT. Puskesmas Sungai Piring dalam hal ini melakukan kegiatan POSBINDU PTM dengan semboyan “mari menuju masa muda sehat, tua nikmat tanpa penyakit tidak menular dengan perilaku cerdikā€.

Kegiatan POSBINDU PTM ini di lakukan sebab Akhir-akhir ini terjadi pergeseran pola penyakit yang sebelumnya di dominasi oleh penyakit menular, namun pada saat sekarang ini di dominasi penyakit tidak menular seperti stroke, jantung koroner, hypertensi, diabetes dll. penyakit ini membutuhkan waktu cukup lama untuk sembuh dan biaya yang tidak sedikit.

Kegiatan ini melibatakan anak remaja sekolah yang tanpa disadari bahwa sudah ada bibit penyakit dalam tubuhnya akibat perilaku tidak sehat seperti merokok, pola jajan dan konsumsi makanan yang tidak sehat, obesitas serta kurangnya melakukan aktifitas fisik di kalangan remaja sekolah.

untuk menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang di temukan pada kasus penyakit tidak menular maka petugas UPT puskesmas Sungai Piring memberikan konseling dan merujuk ke faskes terdekat.

Menurut kepala Puskesmas Sungai Piring melalui Penanggung Jawab POSBINDU PTM Risa Anastasia,Amd.Keb mengatakan, kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap bulan di sekolah dengan sasaran remaja sekolah agar remaja secara dini dapat mengetahui dampak dari penyakit tidak menular tersebut. terangnya di akhir kegiatan.

 

Sumber : Tuti Auliyah, SKM (Promkes Puskesmas Sungai Piring)

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini