Skip to main content

CEGAH PENYAKIT KANKER SERVIK UPT..PUSKESMAS TEMBILAHAN HULU DISERBU MAYORITAS KAUM IBU-IBU PEMERIKSAAN IVA

WhatsApp Image 2017-04-25 at 15.49.04Selasa, 25 April 2017. Kanker leher rahim atau serviks merupakan kanker terbanyak yang diderita oleh perempuan di Indonesia. Data rumah sakit sentral Indonesia terdapat 15.000 pasien baru kanker leher rahim setiap tahunnya, dan 8.000 diantaranya meninggal. Secara statistik, hampir setiap 1 jam terdapat 1 perempuan yang meninggal akibat kanker leher rahim. Perbandingannya, di dunia setiap 2 menit meninggal akibat kanker serviks.

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining alternatife dari pap smear karena biasanya murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi.

345Lebih dari hari biasanya Puskesmas Tembilahan Hulu dipenuhi puluhan motor di area lahan parkirnya, pasien yang sebagian besarnya adalah kaum ibu-ibu ternyata menyadari betapa pentingnya pemeriksaan kanker Serviks terlebih lagi pemeriksaan ini mudah, cepat dan gratis. tujuannya pemeriksaan ini Untuk mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan, Untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim. hari ini Puskesmas Tembilahan Hulu diserbu 26 pasien yang melakukan pemeriksaan IVA ke Puskesmas tembilahan Hulu.

untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut, petugas UPT. Puskesmas Tembilahan Hulu siap melayani pemeriksaan cegah sedini mungkin kanker Serviks dengan metode IVA tes.

” dari bulan januari sampai saat hari ini data pasien yang bersedia melakukan pemeriksaan telah mencapai 836 orang. kami berharap bisa lebih banyak lagi mengajak para kaum ibu-ibu untuk dapat memeriksakan kesehatan wanitanya agar terhindar dari penyakit Kanker Serviks tersebut.

Narasumber : Promkes Pkm. Tembilahan Hulu@Anggita

0 thoughts to “CEGAH PENYAKIT KANKER SERVIK UPT..PUSKESMAS TEMBILAHAN HULU DISERBU MAYORITAS KAUM IBU-IBU PEMERIKSAAN IVA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *