Skip to main content

Capaian GERMAS Dalam Membudayakan Hidup Sehat Dimasa Pandemi Covid-19

“Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah untuk membangun kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk bisa mandiri agar tetap sehat tidak dihinggapi penyakit dan bisa membentengi diri dari kondisi beresiko kematian itulah ungkapan pengertian GERMAS oleh Kasi Promkes Dinkes Provinsi Riau Ibu Rosita”

Pada tahun 2017 Provinsi Riau telah mencanangkan pertama kali Sosialisasi GERMAS di Kabupaten Indragiri Hilir, dan dijadikan Lokus perdana untuk Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Kabupaten Indragiri Hilir diharapkan untuk dapat terus membudayakan GERMAS sehingga perilaku masyarkat, kehidupan masyarakat dan gaya hidup masyarakat sudah mengacu pada GERMAS.

Dalam RPJMN 2020 – 2024 GERMAS sudah harus menjadi Budaya masyarakat Indonesia, Pemerintah Indonesia Khususnya Presiden sudah menyampaikan instruksi pada tahun 2017 tentang GERMAS dan dalam RPJMN 2020 – 2024 ada 5 (Lima) strategi yaitu Peningkatan Kesehatan Ibu, Anak dan Kecacatan Reproduksi, Perbaikan Gizi Masyarakat, Pengendalian Penyakit, Pembudayaan GERMAS dan Penguatan Sistem Kesehatan.

Dimasa Pandemi Covid-19 kebijakan Pemerintah dalam penerapan GERMAS sangat ditekankan terutama untuk kesehatan masyarakat yaitu pembudayaan GERMAS sudah harus dilakukan lebih utama dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

Sehingga Pemerintah menetapkan kedaruratan khusus terhadap kesehatan masyarakat dimasa Pandemi yaitu dukungan dari Pemerintah terkait terhadap Pembudayaan GERMAS dengan melakukan Sosialisasi, Advokasi dan Konsolidasi Penguatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *