Skip to main content

BUPATI MOU DENGAN KEMENKES “PROGRAM NUSANTARA SEHAT UNTUK INHIL”

Untuk membantu meni1ngkatkan kesehatan di wilayah Daerah Tetinggal, Perbatasan, & Kepulauan (DTPK) dan PDB, Bupati Inhil, Drs HM. Wardan MP bersama 41 Bupati se Indonesia menandatangani Nota kesepahaman (MOU) dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, dr.Untung Suseno Sutarjo, M.Kes, yang disaksikan langsung oleh 22 Kadinkes Provinsi & 41 Kandikes Kabupaten. Penandatangan nota kesepahaman ini dilakukan untuk mendukung penugasan khusus tenaga kesehatan Berbasis Tim (Team Based) dalam mendukung Pelaksanaan Program Nusantara Sehat (NS) di Mercure Convention Centre Ancol, Jl.Pantai Ancol Jakarta Baycity, Jakarta Utara, Senin (26/9).

Bupati Inhil Drs HM. Wardan MP, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Inhil, H. Zainal Arifin, SKM. M.Kes, Kabid Pelayanan Kesehatan Asiah.M,S.ST, M.Kes, Kasubag Humas Nursal Sulaiman, Kasubag Protokol Umarullah Missasi. Saat itu dibentuk pula tim Nusantara Sehat (NS) merupakan implementasi dari program Indonesia Sehat yang terdiri dari tiga komponen yaitu mewujudkan pradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional.

Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek mengatakan, dalam rangka penguatan pelayanan kesehatan di DTPK & DBK, Kementerian Kesehatan menepatkan penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim (Team Based) untuk mendukung program nusantara sehat.

Melalui program tersebut diharapkan kementerian kesehatan bersama pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota mampu meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas secara terintegrasi, terpadu dan komprehensif di DTPK & DBK sebagai wujud tanggung jawab negara hadir ditengah-tengah masyarakat.

“Tim Nusanatara sehat merupakan pendayagunaan secara khsusus tenaga kesehatan berbasis tim dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan primer di DTPK dan DBK.” Ucap Kemenkes

Tujuan pendayagunaan secara khusus tenaga kesehatan berbasis tim (tim nusantara sehat) adalah terwujudnya pelayanan kesehatan primer yang dapat dijangkau oleh setiap anggota masyarakat.

“Terutama oleh mereka yang tinggal di DTPK dan DBK yang memiliki sarana pelayanan kesehatan dasar (pukesmas) dengan kriteria terpencil dan sangat terpencil di berbagai pelosok indonesia.” Ujar Nila Farid Moeloek

Tim Nusantara Sehat merupakan tenaga profesional kesehatan dengan berbagai latar belakang kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli Teknologi Laboratorium Medik, tenaga gizi & Kefarmasian. Yang bersedia ditempatkan selama 2 tahun untuk terjun langsung memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan memiliki semangat untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Bupati inhil Drs HM. Wardan MP, mengatakan dengan adanya Program Nusantara Sehat ini merasa sangat terbantu sekali. Dimana inhil masih sangat kekurangan tenaga kesehatan kemudian mendapatkan bantuan tambahan tenaga kesehatan dari program nusantara sehat.

“Dengan Program Nusantara Sehat ini, yang pertama kita menyampaikan terima kasih dan sangat bangga karena bahwasanya Inhil masih mendapatkan bantuan tenaga kesehatan dan kita dapat informasi 8 orang tenaga kesehatan,” ucap Bupati Drs HM. Wardan MP

Delapan orang tersebut diantaranya Dokter Umum, Perawat, Bidan, Tenaga Kesehatan Masyarakat, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Analisis Laboratorium, tenaga gizi dan tenaga kefarmasian.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil H.Zainal Arifin, SKM, M.Kes mengatakan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Kesehatan mengusulkan tenaga kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI, sebab kita belum ada pengakatan di daerah dan di Inhil tidak ada penambahan tenaga kesehatan baru. Pemerintah Pusat ada membuat Program Untuk Daerah Terpencil dan Perbatasan itu Tenaga Kesehatan secara grub atau secara Kelompok  8 Orang Dokter Diantaranya: Dokter Umum, Perawat, Bidan, Tenaga Kesehatan Masyarakat, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Analisis Laboratorium, tenaga gizi dan tenaga kefarmasian yang disebut dengan Tim Nusantara Sehat. Di Kabupaten Inhil baru satu yang dapat di Guntung  yaitu UPT Pukesmas Guntung, ada 6 orang udah berjalan.33

“Harapan kita dengan kehadiran tenaga kesehatan dari Kementerian Kesehatan yang ada, agar pelayanan  lebih bagus kedepannya serta bisa mensinergikan tujuan yang ingin kita capai bersama-sama.” tutup Kadiskes Inhil H.Zainal Arifin, SKM, M.Kes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *