Bupati Indragiri Hilir H. M. Wardan mengeluarkan surat edaran tentang gerakan serentak penanggulangan demam berdarah dengue ( DBD). Surat edaran itu ditujukan kepada SKPD, Camat, Lurah, Kepala Desa dan Kepala Puskesmas se-Kab. Inhil, Surat dengan Nomor: 463.30/Dinkes/P2P/IV/2019, tertanggal 20 April 2019, menginformasi agar memberi perhatian dan dukungan terhadap pencegahan dan pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dalam surat itu, ada beberapa poin yang ditegaskan Bupati. Pertama, adanya peningkatan kasus DBD pada tahun 2018 di Kabupaten Indragiri Hilir yang masih berlanjut sampai pada awal tahun 2019.

Kedua, pengasapan (fogging) menggunakan insektisida yang hanya mampu membunuh nyamuk dewasa saja dan dapat membahayakan kondisi kesehatan manusia, oleh karenanya tidak dilakukan secara rutin dan bukan strategi utama dalam pencegahan DBD.

Ketiga, pencegahan penyakit DBD bukan melalui fogging, tetapi bagaimana menjaga kesehatan lingkungan. Keempat, menghilangkan jentik nyamuk lebih mudah dan sangat efektif.

“Menginstruksikan kepada saudara (SKPD, Camat, Lurah, Kepala Desa dan Kepala Puskesmas) untuk mensosialiasikan secara massal dan berkelanjutan langkah-langkah antisipasi,” demikian penggalan surat edaran tersebut, yang diberikan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Subowo Radiyanto, SKM, M.Kes, kepada Media Center Team, Senin (27/05/2019).

Selain itu, Bupati juga meminta melaksanakan gerakan serentak pencegahan dan pengendalian DBD dengan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk, menguras menutup mendaur ulang (PSN 3M PLUS) secara berkelanjutan setiap minggu di lingkungan rumah, sekolah, kantor, tempat-tempat umum, rumah ibadah, dan tempat pemakaman/kuburan.

Kemudian, melibatkan setiap kepala keluarga dalam pemeriksaan, pemantauan, dan pemberantasan jentik nyamuk melalui PSN 3M PLUS. Selanjutnya, memantau peningkatan kasus DBD di wilayahnya dan segera melakukan intervensi langsung. Terkahir, melaporkan kegiatan pelaksanaan pencegahan dan pengendalian DBD kepada Bupati melalui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir.

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini