Skip to main content

Bulanan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Pada Masa Pandemi Perlu Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Anak

Foto : MCT. Dinkes Inhil

Tembilahan – Senin (22/11/2021)
Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir mengadakan Pertemuan Bulanan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Pada Masa Pandemi di Aula Hotel Harmoni, Tembilahan. Peserta adalah seluruh pemegang program Imunisasi puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Indragiri Hilir.

BIAS merupakan kegiatan pemberian imunisasi rutin lanjutan bagi anak usia sekolah kelas 1,2,5 dan 6 SD/MI/Sederajat. Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi sampai anak usia sekolah. Hal ini disebabkan karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan terhadap tingkat kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi. Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan (Booster) pada anak usia sekolah dasar atau sederajat.

Kegiatan BIAS menjadi terkendala semenjak terjadinya pandemi, anak-anak sekolah tidak lagi belajar melakukan tatap muka,  karenanya Puskesmas tidak bisa mendatangi sekolah, untuk itu pihak Puskesmas langsung berkoordinasi dengan sekolah-sekolah untuk pelaksanaan kegiatan BIAS.

“Strategi yang dilakukan untuk kegiatan BIAS bisa dengan Puskesmas yang mendatangi sekolah dijadwalkan atau pihak sekolah yang mendatangi Puskesmas juga dijadwalkan atau seperti guru yang melakukan kegiatan Les bisa juga petugas Puskesmas langsung mendatangi ke rumah guru yang melakukan les tersebut” ungkap Wirda Fitria, Pemegang Program Imunisasi BIAS Dinas Kesehatan Kab. Inhil

Penitngnya dilakukan BIAS adalah upaya pencegahan terhadap penyakit menular lainnya yang juga berbahaya, seperti Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), harus tetap dilaksanakan melalui pemberian imunisasi. Anak usia sekolah dasar atau sederajat merupakan salah satu sasaran program imunisasi yang dilaksanakan dalam kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *