Skip to main content

BUKAN LAGI SATE MADURA YANG MENGHIPNOTIS LIDAH, SATE BUAH SEGAR DAN ENAK JUGA BIKIN ANAK-ANAK SEKOLAH PADA BEREBUT

WhatsApp Image 2017-04-27 at 20.28.24Gerakan masyarakat hidup sehat yang dikenal dengan sebutan “GERMAS” UPT. Puskesmas Sungai Piring, 27/04/17; melakukan kegiatan sosialisasi di halaman SDN 004 kelurahan Sungai Piring. Kali ini Puskesmas mentargetkan sasaran utamanya kepada murid-murid, Majelis guru serta masyarakat yang ada di sekitar lingkungan sekolah sasaran.

Agar menjadikan suatu kebiasaan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari,  kegiatan makan buah dan sayur ini serentak di lakukan dari kelas 1 s/d kelas 6 dengan mengumpulkan seluruh para di halaman Sekolah.

Beda dari biasanya, bukan hanya sate padang atau madura yang dikemas demikian rupa sehingga dikenal dikalangan masyarakat umum, tetapi kali ini Puskesmas menggerakan tenaga yang ada di Puskesmas Sungai Piring untuk lebih kreatif dan berimajinasi demi menarik perhatian peserta yang difokuskan kepada para siswa.

Dengan bentuk yang bervariasi dan unik berupa Sate buah dengan berbagai macam buah yang harganya ekonomis sehingga menarik minat anak-anak untuk lebih akrab dan terbiasa memakan buah dan sayur dalam keseharian mereka.

dghsBuah itu tidak mesti buah mahal tetapi kita bisa memanfaatkan buah lokal yang dihasilakn dari sini misalkan saja tadi ada buah semangka, pisang, sirsak, timun, pepaya, jeruk juga banyak yang lainnya. sementara sayurnya ada wortel, sawi putih, terong an lain-lain, demikian di paparkan oleh kepala UPT Puskesmas Sungai Piring Hj. Nurafni,S. Tr. Keb

adapun 7 pilar Program germas yang akan digalakan yaitu:

  1. Budaya makan buah dan sayur
  2. Melakukan aktifitas fisik
  3. Cek kesehatan secara berkala
  4. Tidak meeokok di sembarang tempat
  5. Menggunakan jamban sehat
  6. Olah raga secara teratur
  7. Menjaga kebersihan lingkungan

Menurut pemaparan Nursusanti Hutagalung, AMK selaku koordinator promkes mengatakan kegiatan ini secara tidak langsung sudah sering kita lakukan di Puskesmas Sungai Piring dan diharapkan sosialisasi GERMAS makan buah dan sayur dan bentuk Pola perilaku Hidup bersih dan sehat serta bebas dari asap rokok bisa tercapai dan juga  mengingat dalam waktu dekat ini Dinas kesehatan Kabupaten Indragiri hilir, Minggu 30/04/ akan melaksanakan Kegiatan  Pencanangan “GERMAS”..demikian penuturannya di akhir kegiatan tersebut.

Narasumber : Promkes PKM. Sei piring@Tuti Auliyah,SKM

0 thoughts to “BUKAN LAGI SATE MADURA YANG MENGHIPNOTIS LIDAH, SATE BUAH SEGAR DAN ENAK JUGA BIKIN ANAK-ANAK SEKOLAH PADA BEREBUT”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *