bubar-kmpsDiantara salah satu Hikmah puasa bagi umat Islam adalah Dan diantara bentuk-bentuk ketakwaan dari ibadah puasa ini adalah bahwa orang yang berpuasa melatih dirinya untuk senantiasa merasa diawasi oleh Allah Ta’ala, sehingga ia meninggalkan sesuatu yang disukai dirinya, padahal ia memiliki kemampuan untuk melakukannya, karena ia meyakini bahwa Allah mengawasinya. 27 juni 2016,bersama Keluarga besar UPT Puskesmas Kempas Jaya melaksanakan kegiatan berbuka puasa bersama.

Kepala Pimpinan Upt Puskesmas Kempas Jaya H. Didik Suhardiman bersama seluruh staf yang hadir pada acara itu menghadirkan penceramah Ustadz Hendra Wahyudi, amk yang memberikan santapan rohani sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Ustadz Hendra dalam tausiahnya menghangatkan suasana jamaah dengan tema Transpormasi Akhlak dalam berpuasa.

Hikmah dan makna puasa yang sesungguhnya juga diulas beliau pada moment buka bersama ini. beliau mengibaratkan puasa yang dalam arti menahan yakni menahan diri dari segala sesuatu yang tidak baik untuk membersihkan diri. dengan transformasi akhlak kita akan dapatkankemuliaan akhlak yang menjadi tujuan hidup setiap muslim. kita yang berpuasa hendaknya mengambil pelajaran dari hewan ciptaan Allah, SWT  yang bernama ulat. setiap muslim insyallah sudah mengenal hewan yang bernama ulat. dalam kenyataannya ulat tersebut adalah salah satu hewan yang rakus, perusak tumbuhan dan bahkan dianggap sebagai hama tanaman. tetapi hingga pada hakikatnya setelah sampai waktunya berpuasa sesuatu yang menakjubkan terjadi pada diri ulat tersebut, sesuatu yang tidak mungkin dalam logika manusia namun kuasa dalam kebesaran Allah SWT.  dengan berpuasa ulat yang tadinya  sebagai hewan perusak tanaman yang rakus kini telah mencapai kesempurnaan dirinya dengan berpuasa, keindahan perubahan bentuk tubuh dari seekor ulat perusak hingga menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu yang indah adalah proses kesempurnaan dirinya menjadi lebih baik berkat hikmah puasa yang dijalankannya dan beliau juga mengungkapkan bahwasanya janganlah meniru hewan ular, yang dia sebelum puasa dia adalah hewan ganas dan buas, setelah tiba waktunya puasa dan selesai puasa tidak ada perubahan tetap saja menjadi hewan buas danganas. sesungguhnya disini terdapat tanda-tanda kebesaran Allah SWT agar hambanya senantiasa berpikir, bertaqwa dan beriman teguh kepadaNya.

bubar-kmps1Ada hikmah yang bisa diambil dari puasa kedua hewan tersebut, kita sebagai manusia yang Allah SWT wajibkan untuk berpuasa hendaknya mengambil pelajaran dari kedua hewan tersebut. Setiap muslim yang berpuasa dan setelah melaksanakan puasa senantiasa menjalankan segala perintahNya dan meninggalkan laranganNya serta menjadi insan mulia yang beriman dan bertaqwa penuh kepada Allah SWT.

 

Tinggalkan Balasan

Silakan Masukkan Komentar Anda
Silakan Masukkan Nama Anda Disini