(18 April 2018).Tanaman obat keluarga (TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. lahan yang akan disediakan untuk tanaman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Dalam hal ini wilayah kerja Upt puskesmas tembilahan hulu tepatnya di Desa Sungai Intan berkesempatan mengikuti lomba TOGA. Penilaian TOGA di desa Sungai Intan tingkat Kecamatan oleh Dinas kesehatan dan dihadiri oleh PKK Kecamatan, PKK Desa, Kepala. Upt Puskesmas Tembilahan Hulu, petugas pustu, masyarakat dan para kader.

Dengan 2 kelompok asuhan mandiri, Kelompok asuhan mandiri 1 yang dinamakan Intan permata, sedangkan kelompok mandiri 2 diberi nama Intan berkilau yang terletak di Dusun Sungai Intan kecil Desa Sungai Intan.

“dengan adanya tanaman obat keluarga ini masyarakat dapat memanfaatkan dan dapat membudidayakannya serta Semoga kami bisa masuk untuk tingkat Kabupaten dan provinsi” demikian harapan yang disampaikan kepala pustu desa Sungai Intan.

PROMKES : ANGGITA MERRY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here