BPOM PEKANBARU BEKERJASAMA DENGAN PEMKAB INDRAGIRI HILIR LAKUKAN KEGIATAN ADVOKASI KELEMBAGAAN DESA DALAM RANGKA GERAKAN KEAMANAN PANGAN DESA TAHUN 2017

DSCF3924Tembilahan, 18/04/17. Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Untuk meningkatkan kemandirian masyarakat Desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan, sekaligus memperkuat ekonomi Desa melalui program “Keamanan Pangan Desa” telah bekerja sama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Pekanbaru menggelar pertemuan kegiatan Advokasi kelembagaan Desa di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Indragiri Hilir.

Kegiatan Advokasi ini dihadri oleh Plt. Kepala BBPOM Pekanbaru Drs. Adrizal, Apt, Bupati Indragiri Hilir yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang perekonomian dan Pembangunan Bapak Drs. H. Rudiansyah, MSI sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes.  pada moment kali ini Drs. H. Rudiansyah, MSI mengungkapkan bahwa Perlu ada upaya yang menyeluruh secara tekhnis, upaya untuk melindungi masyarakat pedesaan dari makanan yang tidak memenuhi persyaratan kemanan dan mutu untuk menghindari penyalah gunaan bahan berbahaya pada makanan serta meningkatkan daya saing product makanan di pasar lokal maupun pasar global.

“Pemerintah berkewajiban untuk terus meningkatkan keamanan pangan diseluruh rantai pangan meliputi distribusi dan konsumsi pangan sehingga semua lini ini terjamin keamanannya”, ungkap drs. H. Rudiansyah pada pidato pembukaannya.

DSCF3922Sehubungan dengan hal tersebut maka pemerintah perlu menjalin kerjasama kemitraan antara BPOM dan Lintas Sektoral terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Tanaman Pangan Holtikultural dan Peternakan dan sebagainya. Kemitraan dilakukan dalam rangka mengidentifikasi upaya yang harus dilakukan masing-masing lintas sektor dengan tindak lanjut berupa Advokasi ke perangkat Desa sehingga didapatkan komitmen yang bagus terhadap pentingnya keamanan pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *