Skip to main content

BPJS KESEHATAN BERI KEMUDAHAN SAAT PASIEN BEBOBAT, BERIKUT PENJELASANNYA

Sebagian masyarakat Indragiri HilirBPJS Riau menilai bahwa, untuk berobat menggunakan  Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) itu rumit, siapa bilang. Langkah awal jika ingin berobat, peserta wajib mengikuti mekanisme rujukan berjenjang Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKRTL) diseluruh cabang Kantor BPJS Kesehatan.
“Fungsi dari JKN-KIS ini wajib diberikan kepada Seluruh Peserta JKN-KIS. Oleh karena itu, peserta harus ikuti aturan yang berlaku, sehingga dikemudian hari tidak merasa sulit,” ujar Prayudi, Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan KC. Tembilahan, Jumat (10/02/17).
Ia menjelaskan, menurut pandangan masyarakat ada benarnya juga. Sebab, selama ini kalau dalam keadaan sakit bisa langsung kerumah sakit, lalu diobati sama Dokter bersangkutan. Hal ini sangat berbeda dengan aturan main di JKN-KIS yang saat ini telah diprogramkan pemerintah. Dimana, peserta harus mencari rumah sakit yang sepi pasien. Sehingga tidak menunggu lama.
Rambut mungkin sama hitam, tapi pemikiran dan pendapat bisa jadi lain arah. Tidak semua jenis penyakit harus ditangani rumah sakit, namun bisa jadi juga ditangani khusus FKTP seperti Puskesmas, Klinik, Dokter Praktik Perorangan idealnya bisa menangani ratusan penyakit hingga mencapai 144 diagnosis. Sistem asuransi sosial yang digunakan JKN-KIS dalam bentuk Managed Care, yakni kombinasi antara pembiayaan dengan mutu pelayanan harus sama rata. Artinya, sistem itu mengoptimalkan setiap jenjang pelayanan kesehatan lewat mekanisme rujukan.
“Saya yakin, pasien yang ingin merujuk ke rumah sakit lain, pasti merasa terlayani cepat dan tidak perlu ngantri berjam-jam,” imbuhnya.
Ada beberapa bagian peserta yang dirujuk oleh FKTP ke FKRTL itu harus berjenjang,  mulai dari rumah sakit tipe  D atau tipe C kemudian tipe B atau A. Sistem rujukan berjenjang seperti ini dinilai sangat tepat, karena memang langsung dari Dokter Spesialis.
“Aturan ini sudah mengacu kepada peraturan perundang-undangan peserta yang mengalami gawat darurat bisa langsung ke FKRTL terdekat,” tutupnya
nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *