Bimtek di 3 Puskesmas, Dinkes Inhil Paparkan Penanganan PP, OTG, ODP, dan PDP Covid 19

Kepala Bidang P2P Dinkes Inhil Subowo Radiyanto, SKM M.Kes saat mengecek Laporan PP, OTG, ODP dan PDP Covid 19 di Puskesmas Gajah Mada

Dinas Kesehatan Inhil Lakukan Bimtek Penanganan COVID-19, Ke 3 Puskesmas sekaligus, yaitu : Puskesmas Gajahmada, Tembilahan Kota dan Tembilahan Hulu, Kamis, (16/04/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir H. Zainal Arifin, SKM M.Kes yang dalam hal ini melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Subowo Radiyanto, SKM. M.Kes mengatakan bimbingan teknis (bimtek) ini dilakukan untuk memberikan metode atau informasi bagaimana menangani PP, OTG, ODP, dan PDP.

“PP (Pelaku Perjalanan), OTG adalah Orang Tanpa Gejala, ODP adalah Orang Dalam Pemantauan, dan PDP adalah Pasien Dalam Pengawasan”,ungkap Subowo Radiyanto

“Istilah tersebut menunjuk pada status penderita yang berhubungan dengan COVID-19 di Indonesia yang juga tercantum dalam Buku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Kementerian Kesehatan RI”, tambahnya

Lebih lanjut Pria yang akrab disapa Bowo ini berpesan kepada seluruh insan Kesehatan yang langsung berhadapan dengan baik itu PP, OTG, ODP dan PDP covid 19 agar selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat bertugas.

“Berikan Pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, namun jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan diri dengan menggunakan APD yang lengkap”, tutupnya

Berikut Penjelasan PP, OTG, ODP, PDP. (dikutip mimoza.tv)

PP (Pelaku Perjalanan)

Seseorang yang datang dari negara/daerah yang sudah ada transmisi lokal, tetapi tidak gejala demam/gangguan pernafasan dan tidak ada kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Orang Tanpa Gejala (OTG)

Seseorang yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang konfirmasi COVID-19. OTG merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi COVID-19.

Jika anda mendapat informasi ada sahabat keluarga yang ditetapkan Positif Covid, segeralah mengkonfirmasi ke orang terdekat yang sempat berhubungan/kontak erat dengan Pasien. Laporkan diri anda ke Gugus Tugas terdekat jika masuk dalam segmen (kelompok orang berkontak secara berantai).

Dengan segera anda melapor, maka anda dapat terawasi dan jika terjadi penularan, diri anda akan dengan mudah terobati/tertangani. (sembuh sebelum terjadi Stadium).

Orang Dalam Pemantauan (ODP)

Seseorang yang mengalami sakit dengan gejala yang merujuk pada ciri-ciri umum COVID-19.

Orang yang mengalami demam (≥38°C) atau riwayat demam; atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal*.

Orang yang mengalami gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

Sesorang yang diangkat statusnya dari level ODP dengan kasus yang diyakini akan merujuk ke SUSPEK (Suspect) COVID-19 terlebih memiliki hubungan kontak Erat dengan pasien sebelumnya atau memiliki history perjalanan dari wilayah Terpapar serta mengalami gejala serius.

Orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yaitu demam (≥38°C) atau riwayat demam; disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernapasan seperti: batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat# dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal.

Orang dengan demam (≥38°C) atau riwayat demam atau ISPA DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19.

Orang dengan ISPA berat/pneumonia berat* yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

Bimtek di Puskesmas Tembilahan Kota
Bimtek di Puskesmas Tembilahan Hulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *