BERSEMPENA MILAD INHIL KE 54, UPT. PUSKESMAS SUNGAI SALAK LAKUKAN TES IVA DAN SADANIS GRATIS

Puskesmas Sungai Salak Kecamatan Tempuling, rabu, (31/07/2019), secara terus menerus dan merata melaksanakan kegiatan Tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Sadanis untuk deteksi secara dini terhadap kasus kanker serviks dan kanker payudara.

Sejauh ini di Kecamatan Tempuling, telah terlaksana 5 Desa dan 4 Kelurahan yang telah melaksanakan tes Iva dan Sadanis sekaligus penyuluhan langsung oleh Tim Medis Puskesmas Sungai Salak selama bulan Juli 2019, yang bekerjasama dengan Pustu Kelurahan dan Desa serta tokoh perempuan.

Kepala Puskesmas Sungai Salak Saiful Ahwan, S.Kep mengatakan ” kanker serviks dan kanker payudara di saat sekarang ini merupakan kasus rawan terhadap kaum perempuan, oleh karena itu kita semua memiliki kewajiban untuk menjaga dengan cara deteksi dini karena mencegah dan merawat apa yang kita miliki untuk suami dan anak cucu adalah tugas dan kewajiban bersama sebagai self reward dengan rutin melakukan pemeriksaan iva test ”.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan ” secara keseluruhan kita hampir mencakup seratus persen dari seluruh Wilayah Se- Kecamatan Tempuling yang cukup antusias di ikuti oleh ibu ibu dengan tingkat kesadaran yang cukup tinggi, berbekal pengetahuan di dalam diri dan pendekatan Tim Medis dari Puskesmas Sungai Salak, karena tindakan pencegahan secara berkala lebih baik daripada mengobatinya”.

Semoga dengan adanya Test Iva dan Sadanis gratis ini, masyarakat khususnya kaum perempuan terhindar dari penyakit kanker serviks dan kanker payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *