BERSEMPENA MILAD INHIL KE-54 PUSKESMAS SUNGAI PIRING ADAKAN PEMERIKSAAN IVA TEST DI KAMPUNG KB

Puskesmas Sungai Piring kembali ambil bagian dalam MILAD Indragiri Hilir Ke 54 yaitu pemeriksaan gratis IVA TEST di Desa Sungai Dusun yang dikenal dengan Kampung KB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Puskesmas Sungai Piring, Bidan dan dan Ibu-ibu yang akan melakukan kegiatan Iva Test, kamis, Sungai Dusun (19/06/2019).

Dalam kegiatan Iva Test tersebut hanya ada sebagian ibu-ibu yang mau dan sadar untuk memeriksakan kesehatan reproduksinya. Sebelum dilakukan pemeriksaan telah dilaksanakannya sosialisasi dari bidan Pustu Sungai Dusun.

Test IVA ( Infeksi Visual Asam Asetat ) adalah pemeriksaan leher rahim yang bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama awal adanya cancer rahim. Pemeriksaan ini juga lebih murah, mudah dan bisa dilihat langsung hasilnya tanpa menunggu hasil laboraturium medis.

Adapun hal- hal yang harus dilakukan sebelum pemeriksaan IVA TEST yaitu :

  1. Jangan berhubungan seks 2 hari sebelum tes dilakukan
  2. Jangan membersihkan vagina dengan pembersih kewanitaan 2 hari sebelum pemeriksaan.
  3. Jangan menggunakan kontrasepsi vagina.
  4. Jangan menggunakan obat-obatan untuk vagina.

Menurut Kepala UPT. Puskesmas Sungai Piring HJ.Nuraf’ni, S.Tr.Keb mengatakan kanker rahim merupakan penyakit mematikan bagi kaum wanita.

Semoga kita semua tentunya kaum perempuan terhindar dari penyakit kanker rahim dan mau ikut serta untuk melakukan pemeriksaan IVA TEST.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *